SISKA USWATUN HASANAH (2025) HUBUNGAN ANTARA TEKANAN AKADEMIK DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (88kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Fenomena stres di kalangan remaja semakin memprihatinkan seiring dengan meningkatnya tekanan akademik dalam sistem pendidikan modern. Stres akademik merupakan kondisi yang secara universal dialami oleh siswa tanpa memandang jenis kelamin, yang dapat berdampak signifikan terhadap prestasi akademik mereka. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tekanan akademik dengan tingkat stres pada remaja. Metode: Desain yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Responden penelitian sebanyak 248 remaja dengan mengisi kuesioner Pressure Stress Student (PSS) dan Student-Life Stress Inventory (SLSI). Analisis bivariat penelitian menggunakan Spearman. Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan p-value 0,000 (<0,05) dapat diinterpretasikan bahwa kedua variabel terdapat hubungan dengan nilai korelasi 0,607 hal ini menunjukkan positif dengan kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan: Tekanan akademik memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat stres pada remaja. Tekanan akademik dan tingkat stres responden berada pada kategori sedang. Sekolah dapat meningkatkan frekuensi dan kualitas layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan remaja.
| Dosen Pembimbing: | Laili Nur Hidayati, S.Kep., Ns.,M.Kep.,Sp.KepJ | NIDN0505118602 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Academic Pressure, Stress, Adolescents |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:22 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:22 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
