SISKA USWATUN HASANAH (2025) HUBUNGAN ANTARA TEKANAN AKADEMIK DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Fenomena stres di kalangan remaja semakin memprihatinkan seiring dengan meningkatnya tekanan akademik dalam sistem pendidikan modern. Stres akademik merupakan kondisi yang secara universal dialami oleh siswa tanpa memandang jenis kelamin, yang dapat berdampak signifikan terhadap prestasi akademik mereka. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tekanan akademik dengan tingkat stres pada remaja. Metode: Desain yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Responden penelitian sebanyak 248 remaja dengan mengisi kuesioner Pressure Stress Student (PSS) dan Student-Life Stress Inventory (SLSI). Analisis bivariat penelitian menggunakan Spearman. Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan p-value 0,000 (<0,05) dapat diinterpretasikan bahwa kedua variabel terdapat hubungan dengan nilai korelasi 0,607 hal ini menunjukkan positif dengan kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan: Tekanan akademik memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat stres pada remaja. Tekanan akademik dan tingkat stres responden berada pada kategori sedang. Sekolah dapat meningkatkan frekuensi dan kualitas layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan remaja.

Dosen Pembimbing: Laili Nur Hidayati, S.Kep., Ns.,M.Kep.,Sp.KepJ | NIDN0505118602
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Academic Pressure, Stress, Adolescents
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:22
Last Modified: 12 Aug 2025 08:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52123

Actions (login required)

View Item View Item