MUHAMMAD FADHIL IDRIS (2025) DAMPAK PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MEMBANTU MAHASISWA MENYUSUN KARYA ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AKADEMIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI), ChatGPT menjadi salah satu alat yang banyak digunakan mahasiswa dalam proses penyusunan karya ilmiah. Namun, penggunaan ChatGPT secara luas ini masih menimbulkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap kemampuan literasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan ChatGPT berpengaruh terhadap kemampuan literasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode survei terhadap 35 alumni mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2020. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert yang terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan ChatGPT dan literasi akademik. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, uji regresi linear, serta uji t dengan bantuan SPSS versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat penggunaan ChatGPT dalam menyusun karya ilmiah sebesar 75,46%, sedangkan tingkat literasi akademik mahasiswa yang menggunakan ChatGPT mencapai 74,79%. Uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai r = 0,892. Uji regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa kontribusi ChatGPT terhadap peningkatan literasi akademik mahasiswa sebesar 79,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan ChatGPT dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami, mengolah, dan menyusun informasi akademik secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan literasi akademik berbasis teknologi serta implikasi praktis bagi lembaga pendidikan untuk merancang kebijakan pemanfaatan AI secara bijak, etis, dan produktif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mengoptimalkan peran teknologi AI dalam mendukung kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.
| Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Academic Literacy, Scientific Works, Artificial Intelligence |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:31 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 07:31 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
