MUHAMMAD FADHIL IDRIS (2025) DAMPAK PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MEMBANTU MAHASISWA MENYUSUN KARYA ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AKADEMIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI), ChatGPT menjadi salah satu alat yang banyak digunakan mahasiswa dalam proses penyusunan karya ilmiah. Namun, penggunaan ChatGPT secara luas ini masih menimbulkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap kemampuan literasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan ChatGPT berpengaruh terhadap kemampuan literasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode survei terhadap 35 alumni mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2020. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert yang terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan ChatGPT dan literasi akademik. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, uji regresi linear, serta uji t dengan bantuan SPSS versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat penggunaan ChatGPT dalam menyusun karya ilmiah sebesar 75,46%, sedangkan tingkat literasi akademik mahasiswa yang menggunakan ChatGPT mencapai 74,79%. Uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai r = 0,892. Uji regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa kontribusi ChatGPT terhadap peningkatan literasi akademik mahasiswa sebesar 79,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan ChatGPT dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami, mengolah, dan menyusun informasi akademik secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan literasi akademik berbasis teknologi serta implikasi praktis bagi lembaga pendidikan untuk merancang kebijakan pemanfaatan AI secara bijak, etis, dan produktif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mengoptimalkan peran teknologi AI dalam mendukung kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.

Dosen Pembimbing: Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Academic Literacy, Scientific Works, Artificial Intelligence
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:31
Last Modified: 08 Aug 2025 07:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52127

Actions (login required)

View Item View Item