MUHAMMAD FADHLAH DASRI (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH/AISYIYAH SEWON UTARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (296kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Keluarga sakinah merupakan cita-cita ideal dalam Islam, namun tantangan modern seringkali mengikis penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk keluarga sakinah di kalangan anggota Pimpinan Cabang Muhammadiyah/Aisyiyah Sewon Utara. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam secara snowball sampling, observasi non-partisipatif, dan studi dokumen terhadap 8 keluarga aktifis organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai dilakukan dalam aktifitas formal dan informal. Secara garis besar, internalisasi di lingkungan keluarga Muhamadiyah/’Aisyiyah cenderung di lakukan dengan tiga model: (1) keteladanan (role modeling) (2) pembiasaan praktik ibadah dan akhlak dalam keseharian, dan (3) interaksi keluarga sehari-hari. Dilakukan dengan tiga tahap Internalisasi: (1) Transformasi (2) transaksi dan (3) transinternalisasi. Faktor pendukungnya berupa (1) dukungan institusional dari organisasi Muhammadiyah/’Aisyiyah, (2) ketersediaan fasilitas pendidikan, (3) modal sosial berupa komunitas keagamaan. sedangkan tantangannya berupa (1) infiltrasi nilai-nilai global melalui media digital, (2) disparitas pemahaman keagamaan, dan (3) kendala sosial dan ekonomi.
| Dosen Pembimbing: | Siti Bahiroh, Dr. Dra., M.Si and Mahli Zainuddin,, Dr. Drs., M.Si. | NIDN0506096401, NIDN0517076601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Value internalization, Islamic education, sakinah family, Muhammadiyah, ’Aisyiyah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:30 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 07:30 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
