JOVITA JOELYA AZZACHRA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING DI POSYANDU FLAMBOYAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (664kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (119kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Stunting merupakan salah satu permasalahan gizi utama yang dihadapi oleh Indonesia sebagai negara berkembang. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang berlangsung dalam jangka panjang, sehingga tergolong sebagai masalah gizi kronis. Pada era digital dengan perubahan dan kemajuan teknologi seperti sekarang, secara tidak langsung akan memaksa masyarakat untuk ikut meningkatkan kemampuan diri untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pencegahan stunting. Desain penelitian ini adalah sequential explanatory dengan metode Mixed Method (kombinasi) dengan menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif secara berurutan atau sequential yaitu dengan menentukan fokus awal pada metode kuantitatif yang kemudian dilanjutkan dengan metode kualitatif untuk menjelaskan dan menganalisis hasil dari pengolahan data kuantitatif tersebut. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan nilai P sebesar 0,180 yang lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video sebagai media edukasi dalam konteks ini tidak efektif.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Thesa Ghozali, Dr. apt., S.Farm, M.Sc. | NIDN0508048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Mixed method, Stunting, Educational Video, Educational Method, Posyandu |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Farmasi |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:04 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 07:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
