DIANA DWI PUTRI (2025) PENGARUH TERPAAN MENONTON KONTEN TIKTOK @ZELYNAFAH TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan menonton konten TikTok @zelynafah terhadap minat belajar bahasa Inggris di kalangan followers-nya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksplanatif. Populasi penelitian adalah seluruh followers akun TikTok @zelynafah, dengan sampel sebanyak 400 responden yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online, kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara terpaan menonton konten TikTok @zelynafah dengan minat belajar bahasa Inggris followers, dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,241, artinya 24,1% variasi minat belajar dapat dijelaskan oleh terpaan menonton konten, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini mendukung teori Social Learning dari Albert Bandura, bahwa terpaan konten edukasi berpotensi menumbuhkan perhatian, retensi, dan motivasi belajar. Dengan demikian, konten edukatif di TikTok dapat berperan sebagai media pembelajaran alternatif yang relevan bagi generasi muda.

Dosen Pembimbing: Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: English, Learning Interest, Media Exposure, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:02
Last Modified: 08 Aug 2025 07:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52143

Actions (login required)

View Item View Item