DIANA DWI PUTRI (2025) PENGARUH TERPAAN MENONTON KONTEN TIKTOK @ZELYNAFAH TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan menonton konten TikTok @zelynafah terhadap minat belajar bahasa Inggris di kalangan followers-nya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksplanatif. Populasi penelitian adalah seluruh followers akun TikTok @zelynafah, dengan sampel sebanyak 400 responden yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online, kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara terpaan menonton konten TikTok @zelynafah dengan minat belajar bahasa Inggris followers, dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,241, artinya 24,1% variasi minat belajar dapat dijelaskan oleh terpaan menonton konten, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini mendukung teori Social Learning dari Albert Bandura, bahwa terpaan konten edukasi berpotensi menumbuhkan perhatian, retensi, dan motivasi belajar. Dengan demikian, konten edukatif di TikTok dapat berperan sebagai media pembelajaran alternatif yang relevan bagi generasi muda.
| Dosen Pembimbing: | Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | English, Learning Interest, Media Exposure, TikTok |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:02 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 07:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
