LATIFA AINI RAHMAT (2025) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KANJI DI LEVEL JLPT N5 (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2024 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan media pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kuartet untuk meningkatkan kemampuan dalam huruf kanji. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan true experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2024 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Uiversitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang untuk kelas eksperimen dan 10 orang untuk kelas control. Dari hasil analisis data uji t hitung = 2.053 > t tabel 1.734 menurut uji kriteria H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan media permainann kartu kuartetefektif sebagai media pembelajaran kanji. Kemudian dari data hasil angket sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa media permainan kartu kuartet menambah motivasi, meningkatkan kemampuan kanji dan dapat dijadikan media alternatif dalam belajar kanji di kelas.

Dosen Pembimbing: Rosi Rosiah, S.Pd., M.Pd. | NIDN0501018602
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Kanji, Quartet card game media
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:00
Last Modified: 08 Aug 2025 07:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52144

Actions (login required)

View Item View Item