FANNY RACHMAWATY (2025) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS VIII DI SMPIT PUTRI AL HANIF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (707kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (380kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, serta dampak motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas 8 di SMPIT Putri Al Hanif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana dan korelasi Pearson. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa dan 63 orang tua, yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 115 siswa kelas 8. Instrumen penelitian terdiri dari dua angket, masing-masing sebanyak 10 butir pernyataan yang disusun menggunakan skala Likert untuk mengukur variabel dukungan orang tua (X) dan motivasi belajar siswa (Y). Nilai rapor Bahasa Arab semester ganjil dan genap digunakan sebagai indikator hasil belajar siswa. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item pada kedua angket memiliki nilai r hitung > r tabel (0,250), dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,895 untuk angket orang tua dan 0,799 untuk angket siswa. Keduanya memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. = 0,200), dan uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen (Sig. = 0,626). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar siswa (r = 0,553; Sig. = 0,000). Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000, t hitung 5,179 > t tabel 2,006, dan koefisien regresi sebesar 0,398. Selain itu, motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,883 dan korelasi sebesar 0,837. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa.
| Dosen Pembimbing: | Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Parental Support, Learning Motivation, Learning Outcomes, Arabic Language |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:54 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:54 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
