FANNY RACHMAWATY (2025) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS VIII DI SMPIT PUTRI AL HANIF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, serta dampak motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas 8 di SMPIT Putri Al Hanif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana dan korelasi Pearson. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa dan 63 orang tua, yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 115 siswa kelas 8. Instrumen penelitian terdiri dari dua angket, masing-masing sebanyak 10 butir pernyataan yang disusun menggunakan skala Likert untuk mengukur variabel dukungan orang tua (X) dan motivasi belajar siswa (Y). Nilai rapor Bahasa Arab semester ganjil dan genap digunakan sebagai indikator hasil belajar siswa. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item pada kedua angket memiliki nilai r hitung > r tabel (0,250), dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,895 untuk angket orang tua dan 0,799 untuk angket siswa. Keduanya memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. = 0,200), dan uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen (Sig. = 0,626). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar siswa (r = 0,553; Sig. = 0,000). Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000, t hitung 5,179 > t tabel 2,006, dan koefisien regresi sebesar 0,398. Selain itu, motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,883 dan korelasi sebesar 0,837. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa.

Dosen Pembimbing: Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Parental Support, Learning Motivation, Learning Outcomes, Arabic Language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:54
Last Modified: 08 Aug 2025 06:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52145

Actions (login required)

View Item View Item