MUHAMMAD NAZHIM AL AMIN (2025) KOMUNIKASI BENCANA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN SLEMAN PADA BENCANA ALAM ERUPSI GUNUNG MERAPI TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas komunikasi bencana yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman selama erupsi Gunung Merapi pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dan metode studi kasus untuk menganalisis komunikasi BPBD Sleman dengan pemangku kepentingan, terutama masyarakat yang terdampak, selama tahap Pra Bencana, saat bencana, dan Pasca Bencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Kabupaten Sleman melaksanakan strategi komunikasi yang menyeluruh. Pada tahap Pra Bencana, leadership commitment ditunjukkan melalui pengembangan aplikasi SIMANTAB dan pelatihan relawan. Customer focus dilakukan melalui sosialisasi budaya sadar bencana, pelatihan, dan kebijakan evakuasi mandiri yang berorientasi pada masyarakat. Dalam media partnership, BPBD memanfaatkan Sistem Peringatan Dini (EWS), frekuensi Radio FM, dan aplikasi SIMANTAB; namun, menghadapi keterbatasan akibat akses sinyal dan aplikasi yang tidak dapat diakses pengguna iOS. Situational awarness ditingkatkan melalui koordinasi dengan BPPTKG untuk pembaruan terbaru mengenai kondisi Gunung Merapi. Aspek Disaster Management dapat dilihat melalui mitigasi struktural dan non-struktural, pembentukan Kalurahan Tangguh Bencana (KALTANA), sister village dan sister school, serta penyusunan standar operasional standar (SOP) padukuhan. BPBD menerapkan Sistem Komando Insiden (ICS) selama bencana untuk memfasilitasi koordinasi dan mempercepat distribusi informasi, dengan menggunakan HT dan sosial media sebagai saluran komunikasi darurat tambahan. Komunikasi Pasca Bencana menekankan keterlibatan masyarakat dalam perencanaan pemulihan dan distribusi bantuan, namun efektivitas komunikasi tersebut memerlukan peningkatan, bersamaan dengan kebutuhan akan sinergi internal yang lebih baik di dalam internal BPBD.

Dosen Pembimbing: Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0604127801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Disaster Communication, BPBD of Sleman Regency, Mount Merapi Eruption, Communication Effectiveness, SIMANTAB
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:50
Last Modified: 08 Aug 2025 06:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52147

Actions (login required)

View Item View Item