AULIA ANDIN FADILLAH (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENT ATTITUDE OF THE USE OF ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION AND STUDENTS' LEARNING MOTIVATION AT PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (428kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (238kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi hubungan antara sikap mahasiswa terhadap penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (EMI) dan motivasi belajar mereka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya variasi sikap mahasiswa terhadap EMI, yang memunculkan pertanyaan apakah terdapat korelasi yang signifikan antara sikap dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap mahasiswa terhadap EMI, (2) motivasi belajar mereka, dan (3) apakah terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menyebarkan kuesioner tertutup kepada 63 mahasiswa dari populasi 152 mahasiswa tahun 2021 dan 2023, menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap EMI berada pada kategori sedang (mean = 2.44), sedangkan motivasi belajar berada pada kategori tinggi (mean = 2.94). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai p = 0.000 dan r = 0.549, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif dengan tingkat korelasi sedang antara sikap terhadap EMI dan motivasi belajar.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | EMI, student attitudes, learning motivation |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:37 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:37 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
