AULIA ANDIN FADILLAH (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENT ATTITUDE OF THE USE OF ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION AND STUDENTS' LEARNING MOTIVATION AT PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi hubungan antara sikap mahasiswa terhadap penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (EMI) dan motivasi belajar mereka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya variasi sikap mahasiswa terhadap EMI, yang memunculkan pertanyaan apakah terdapat korelasi yang signifikan antara sikap dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap mahasiswa terhadap EMI, (2) motivasi belajar mereka, dan (3) apakah terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menyebarkan kuesioner tertutup kepada 63 mahasiswa dari populasi 152 mahasiswa tahun 2021 dan 2023, menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap EMI berada pada kategori sedang (mean = 2.44), sedangkan motivasi belajar berada pada kategori tinggi (mean = 2.94). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai p = 0.000 dan r = 0.549, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif dengan tingkat korelasi sedang antara sikap terhadap EMI dan motivasi belajar.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EMI, student attitudes, learning motivation
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:37
Last Modified: 08 Aug 2025 06:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52162

Actions (login required)

View Item View Item