ELSA ROSANTI (2025) THE ROLE OF DUDI IN ENHANCING CAREER READINESS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengangguran di kalangan lulusan baru di Indonesia masih menjadi masalah umum, dan salah satu upaya untuk mengatasinya adalah melalui program magang yang memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan kerja nyata. Penelitian ini berfokus pada tiga tujuan utama: mengidentifikasi soft skills dan hard skills yang dikembangkan oleh mahasiswa selama magang, dan mengeksplorasi bagaimana keterampilan ini mendukung kesiapan karier mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap enam mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari kelompok tahun 2021 yang mengikuti program magang DUDI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengembangkan delapan jenis soft skills, meliputi komunikasi, berbicara di depan umum, manajemen waktu, pemecahan masalah, kerja sama tim, kreativitas, negosiasi, dan tanggung jawab. Dari segi hard skills, diidentifikasi empat keterampilan: keterampilan teknis dalam penggunaan perangkat lunak, desain visual dan grafis, penyuntingan, dan pemikiran analitis. Penelitian ini juga menemukan bahwa mengikuti magang membantu mahasiswa menjadi lebih siap berkarir dengan memberi mereka pengalaman kerja langsung dan membantu mereka menghubungkan soft skills dan hard skills mereka dengan cara yang bermakna.

Dosen Pembimbing: Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: soft skills, hard skills, career readiness, internship experience, English education students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:33
Last Modified: 08 Aug 2025 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52166

Actions (login required)

View Item View Item