ELSA ROSANTI (2025) THE ROLE OF DUDI IN ENHANCING CAREER READINESS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (478kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengangguran di kalangan lulusan baru di Indonesia masih menjadi masalah umum, dan salah satu upaya untuk mengatasinya adalah melalui program magang yang memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan kerja nyata. Penelitian ini berfokus pada tiga tujuan utama: mengidentifikasi soft skills dan hard skills yang dikembangkan oleh mahasiswa selama magang, dan mengeksplorasi bagaimana keterampilan ini mendukung kesiapan karier mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap enam mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari kelompok tahun 2021 yang mengikuti program magang DUDI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengembangkan delapan jenis soft skills, meliputi komunikasi, berbicara di depan umum, manajemen waktu, pemecahan masalah, kerja sama tim, kreativitas, negosiasi, dan tanggung jawab. Dari segi hard skills, diidentifikasi empat keterampilan: keterampilan teknis dalam penggunaan perangkat lunak, desain visual dan grafis, penyuntingan, dan pemikiran analitis. Penelitian ini juga menemukan bahwa mengikuti magang membantu mahasiswa menjadi lebih siap berkarir dengan memberi mereka pengalaman kerja langsung dan membantu mereka menghubungkan soft skills dan hard skills mereka dengan cara yang bermakna.
| Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | soft skills, hard skills, career readiness, internship experience, English education students |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:33 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:33 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
