MUHAMMAD SHOFWAN HILMY (2025) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BUS TRANS JOGJA TRAYEK 10. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (236kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Transportasi di Indonesia telah berkembang pesat, dari alat tradisional hingga teknologi modern. Bus kota, seperti Trans Jogja di Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi solusi penting untuk mengurangi kemacetan akibat pertumbuhan kendaraan yang signifikan. Trans Jogja, bagian dari program Bus Rapid Transit, dioperasikan oleh PT Anindya Mitra Internasional sejak 2015 dengan 115 armada dan berbagai rute, termasuk Trayek 10 yang melewati area perkantoran dan pendidikan. Meski jumlah penumpang di trayek ini cukup banyak, masih ditemukan masalah operasional seperti waktu tunggu yang lama, sehingga perlu evaluasi lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja operasional Trans Jogja dari segi Load Factor, waktu antara (Headway), kecepatan kendaraan selama perjalanan, ketersediaan angkutan trans jogja, dan waktu perjalanan dalam satu putaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi kinerja operasional yang meliputi waktu antara, faktor muat, waktu sirkulasi, ketersediaan kendaraan, dan kecepatan kendaraan berpedoman pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dan A World Bank Study. Data yang diperoleh menggunakan metode survey on bus. Hasil analisis evaluasi kinerja operasional, terdapat beberapa parameter yang belum memenuhi standar ketentuan dari Berdasarkan hasil analisis evaluasi kinerja operasional, terdapat beberapa parameter yang belum memenuhi standar ketentuan dari SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dan A World Bank Study. Parameter tersebut adalah load factor, headway, ketersediaan angkutan. Nilai Load factor yang didapat sebesar 10% pada hari Rabu, dan 8% pada hari Minggu. Headway yang didapat dalam penelitian pada hari Rabu selama 21,29 menit pada kondisi normal, sedangkan pada kondisi puncak selama 23,68 menit, pada hari Minggu Headway yang dibutuhkan selama 23,92 menit pada kondisi normal, pada kondisi puncak selama 22,63 menit. Ketersediaan armada dikedua hari sebesar 64% hal ini belum termasuk dalam standar indikator yang sudah ditetapkan. Waktu perjalanan bus trans jogja trayek 10 memiliki kecepatan rata-rata sebesar 19,83 km/jam pada hari minggu, dan 17,03 km/jam pada hari rabu. Waktu sirkulasi dalam satu putaran selama 1,71 jam pada hari rabu, sedangkan pada hari minggu selama 1,54 jam.
| Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | operational performance, Trans Jogja, load factor, public transportation |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:28 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:28 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
