SHABRINA AULIA ZAHRA (2025) THE USE OF TIKTOK AS A PLATFORM TO LEARN ENGLISH LANGUAGE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (313kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (154kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
Abstract
Di era baru ini, ada banyak cara untuk belajar bahasa. Guru dan murid tidak hanya dapat menggunakan buku sebagai media pembelajaran, tetapi juga dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki cara-cara yang digunakan TikTok untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana TikTok mendukung siswa dalam belajar bahasa dan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa belajar dari penggunaan TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan partisipasi dari enam mahasiswa yang terdaftar di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam swasta. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa TikTok menyediakan konten yang menarik dan bervariasi dan juga fleksibel bagi mahasiswa. Mengenai fitur-fitur yang digunakan siswa dalam TikTok dalam belajar bahasa Inggris, ada FYP, duet, caption, terjemahan, tagar, dan kolom komentar. Peneliti juga mengungkapkan elemen-elemen bahasa Inggris yang dipelajari siswa dari TikTok, yaitu mendengarkan melalui konten penutur asli, berbicara melalui konten bahasa interaktif, membaca melalui caption dan teks di layar, menulis melalui komentar di TikTok, kosakata dan pengucapan.
| Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | TikTok, Features of TikTok, English Elements |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:26 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
