SANA WITDIA KHOIRUN NISA (2025) STUDENTS' ATTITUDES TOWARDS ENGLISH ACADEMIC JOURNAL READING: A COMPARATIVE ANALYSIS BETWEEN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION AND MECHANICAL ENGINEERING DEPARTMENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (462kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (209kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian kuantitatif ini mengeksplorasi sikap 200 mahasiswa dari program Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) dan Teknik Mesin (ME) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap membaca jurnal akademik berbahasa Inggris. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tiga aspek utama: efikasi diri, sikap perilaku, dan nilai afektif. Secara umum, kedua kelompok menunjukkan sikap positif terhadap membaca jurnal akademik. Namun, perbandingan antara kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam dua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa ELED memiliki nilai afektif yang tinggi, sikap perilaku yang moderat, dan efikasi diri yang tinggi dalam membaca jurnal akademik. Mereka menunjukkan apresiasi yang kuat terhadap nilai membaca tetapi kurang konsisten dalam perilaku membaca. Sementara itu, mahasiswa Teknik Mesin menunjukkan tingkat konsistensi perilaku dan apresiasi yang lebih tinggi untuk membaca. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan yang ditemukan dalam aspek self-efficacy, yang menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki tingkat kepercayaan diri yang sama dalam kemampuan membaca mereka. Hasil analisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan independent ttest menunjukkan bahwa latar belakang akademis siswa dan persepsi mereka tentang kegunaan teks dapat mempengaruhi kebiasaan dan motivasi membaca mereka. Penelitian ini juga mendukung penerapan teori Self-Efficacy, Expectancy-Value, dan SelfDetermination dalam memahami sikap mahasiswa terhadap pembacaan jurnal akademik.
| Dosen Pembimbing: | Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | reading attitude, academic journal, English Language Education, Mechanical Engineering, student motivation |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:22 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:22 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
