SANA WITDIA KHOIRUN NISA (2025) STUDENTS' ATTITUDES TOWARDS ENGLISH ACADEMIC JOURNAL READING: A COMPARATIVE ANALYSIS BETWEEN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION AND MECHANICAL ENGINEERING DEPARTMENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini mengeksplorasi sikap 200 mahasiswa dari program Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) dan Teknik Mesin (ME) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap membaca jurnal akademik berbahasa Inggris. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tiga aspek utama: efikasi diri, sikap perilaku, dan nilai afektif. Secara umum, kedua kelompok menunjukkan sikap positif terhadap membaca jurnal akademik. Namun, perbandingan antara kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam dua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa ELED memiliki nilai afektif yang tinggi, sikap perilaku yang moderat, dan efikasi diri yang tinggi dalam membaca jurnal akademik. Mereka menunjukkan apresiasi yang kuat terhadap nilai membaca tetapi kurang konsisten dalam perilaku membaca. Sementara itu, mahasiswa Teknik Mesin menunjukkan tingkat konsistensi perilaku dan apresiasi yang lebih tinggi untuk membaca. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan yang ditemukan dalam aspek self-efficacy, yang menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki tingkat kepercayaan diri yang sama dalam kemampuan membaca mereka. Hasil analisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan independent ttest menunjukkan bahwa latar belakang akademis siswa dan persepsi mereka tentang kegunaan teks dapat mempengaruhi kebiasaan dan motivasi membaca mereka. Penelitian ini juga mendukung penerapan teori Self-Efficacy, Expectancy-Value, dan SelfDetermination dalam memahami sikap mahasiswa terhadap pembacaan jurnal akademik.

Dosen Pembimbing: Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reading attitude, academic journal, English Language Education, Mechanical Engineering, student motivation
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:22
Last Modified: 08 Aug 2025 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52179

Actions (login required)

View Item View Item