PUSPITA NADYA (2025) A QUALITATIVE STUDY ON STUDENTS' USE OF CHATGPT IN WRITING AND ITS DISADVANTAGES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana siswa menggunakan ChatGPT dan kekurangannya dalam menulis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima mahasiswa Bahasa Inggris semester 7 di salah satu Universitas Islam Swasta di Yogyakarta. Penulis melakukan wawancara untuk mengetahui perspektif mereka mengenai strategi dan kekurangan yang mereka hadapi ketika menggunakan ChatGPT dalam menulis. Dalam hasil penelitian ini, ditemukan delapan strategi utama yang digunakan, yaitu: Memanfaatkan ChatGPT untuk Brainstorming dalam Menulis, Menggunakan Fitur Tata Bahasa, Menggunakan ChatGPT untuk Menemukan Referensi untuk Penulisan Akademik, Menggunakan Teknik Parafrase Cerdas dengan ChatGPT untuk Integritas Akademik, Penyusunan yang Didukung oleh AI: Menggunakan ChatGPT untuk Meningkatkan Penulisan, Menggunakan Revisi Berbantuan AI untuk Penulisan Akademik, Memanfaatkan Bantuan AI untuk Kolaborasi Penulisan Akademik, dan Menggunakan Petunjuk Iteratif untuk Pemahaman dan Hasil yang Lebih Baik. Namun, ChatGPT memiliki keterbatasan, siswa mungkin menghadapi masalah seperti risiko ketergantungan dan potensi plagiarisme. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun ChatGPT dapat mendukung pembelajaran, terutama menulis, siswa masih perlu melibatkan keterampilan berpikir kritis dan memahami nilai-nilai akademik.

Dosen Pembimbing: Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Disadvantages, Writing, Student’s English Education, Student Strategies, Writing Task
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:21
Last Modified: 08 Aug 2025 06:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52180

Actions (login required)

View Item View Item