PUSPITA NADYA (2025) A QUALITATIVE STUDY ON STUDENTS' USE OF CHATGPT IN WRITING AND ITS DISADVANTAGES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (305kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (158kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki bagaimana siswa menggunakan ChatGPT dan kekurangannya dalam menulis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima mahasiswa Bahasa Inggris semester 7 di salah satu Universitas Islam Swasta di Yogyakarta. Penulis melakukan wawancara untuk mengetahui perspektif mereka mengenai strategi dan kekurangan yang mereka hadapi ketika menggunakan ChatGPT dalam menulis. Dalam hasil penelitian ini, ditemukan delapan strategi utama yang digunakan, yaitu: Memanfaatkan ChatGPT untuk Brainstorming dalam Menulis, Menggunakan Fitur Tata Bahasa, Menggunakan ChatGPT untuk Menemukan Referensi untuk Penulisan Akademik, Menggunakan Teknik Parafrase Cerdas dengan ChatGPT untuk Integritas Akademik, Penyusunan yang Didukung oleh AI: Menggunakan ChatGPT untuk Meningkatkan Penulisan, Menggunakan Revisi Berbantuan AI untuk Penulisan Akademik, Memanfaatkan Bantuan AI untuk Kolaborasi Penulisan Akademik, dan Menggunakan Petunjuk Iteratif untuk Pemahaman dan Hasil yang Lebih Baik. Namun, ChatGPT memiliki keterbatasan, siswa mungkin menghadapi masalah seperti risiko ketergantungan dan potensi plagiarisme. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun ChatGPT dapat mendukung pembelajaran, terutama menulis, siswa masih perlu melibatkan keterampilan berpikir kritis dan memahami nilai-nilai akademik.
| Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Disadvantages, Writing, Student’s English Education, Student Strategies, Writing Task |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:21 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
