NUR ANNISA WIDIASTUTI (2025) EVALUASI KINERJA STRUKTURAL JALUR REL DENGAN LAPISAN ASPAL DAN GRANULAR MENGGUNAKAN KENTRACK: STUDI PERBANDINGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jalur rel merupakan bagian penting dari sistem transportasi kereta api yang harus mampu menahan beban berulang dari lalu lintas kereta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variasi parameter struktur jalan rel terhadap kinerja struktural, yang ditinjau dari umur desain tanah dasar (subgrade) dan lapisan aspal. Parameter yang divariasikan meliputi jenis rel (RE 100, RE 115, RE 136), jarak antar bantalan (15.7 in, 23.6 in, 31.5 in), ketebalan lapisan aspal (3 in, 6 in, 9 in), serta modulus elastisitas subgrade (6000 psi, 12000 psi, 16000 psi). Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak KENTRACK yang berbasis mekanistik-empiris. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan modulus elastisitas subgrade memberikan pengaruh paling signifikan terhadap umur desain struktur, dengan peningkatan umur desain tanah dasar hingga 128,06% dan lapisan aspal hingga 66,12%. Ketebalan lapisan aspal juga berpengaruh besar terhadap performa struktural, terutama pada umur desain lapisan aspal. Jenis rel dan jarak bantalan juga memberikan kontribusi terhadap distribusi tegangan dan regangan, namun tidak sebesar dua parameter lainnya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas subgrade serta ketebalan lapisan aspal dapat dijadikan strategi utama dalam perancangan jalur rel yang andal dan berumur panjang.

Dosen Pembimbing: Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: structural performance, rail track, asphalt overlay, KENTRACK, design life
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:10
Last Modified: 08 Aug 2025 06:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52189

Actions (login required)

View Item View Item