NUR ANNISA WIDIASTUTI (2025) EVALUASI KINERJA STRUKTURAL JALUR REL DENGAN LAPISAN ASPAL DAN GRANULAR MENGGUNAKAN KENTRACK: STUDI PERBANDINGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (234kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jalur rel merupakan bagian penting dari sistem transportasi kereta api yang harus mampu menahan beban berulang dari lalu lintas kereta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variasi parameter struktur jalan rel terhadap kinerja struktural, yang ditinjau dari umur desain tanah dasar (subgrade) dan lapisan aspal. Parameter yang divariasikan meliputi jenis rel (RE 100, RE 115, RE 136), jarak antar bantalan (15.7 in, 23.6 in, 31.5 in), ketebalan lapisan aspal (3 in, 6 in, 9 in), serta modulus elastisitas subgrade (6000 psi, 12000 psi, 16000 psi). Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak KENTRACK yang berbasis mekanistik-empiris. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan modulus elastisitas subgrade memberikan pengaruh paling signifikan terhadap umur desain struktur, dengan peningkatan umur desain tanah dasar hingga 128,06% dan lapisan aspal hingga 66,12%. Ketebalan lapisan aspal juga berpengaruh besar terhadap performa struktural, terutama pada umur desain lapisan aspal. Jenis rel dan jarak bantalan juga memberikan kontribusi terhadap distribusi tegangan dan regangan, namun tidak sebesar dua parameter lainnya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas subgrade serta ketebalan lapisan aspal dapat dijadikan strategi utama dalam perancangan jalur rel yang andal dan berumur panjang.
| Dosen Pembimbing: | Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | structural performance, rail track, asphalt overlay, KENTRACK, design life |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:10 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 06:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
