SULAIMAN RASYID GURNING (2025) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM STRATEGI PEMASARAN BISNIS (MLM SYARIAH) PADA PRODUK AGEN HALAL MART PLERET. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bisnis Multi-Level Marketing (MLM) seringkali diiringi isu praktik tidak etis, sehingga memunculkan model MLM Syariah sebagai alternatif yang berlandaskan etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam strategi pemasaran yang dijalankan oleh Agen Halal Mart Pleret sebagai studi kasus bisnis MLM Syariah pada produk kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan etika bisnis Islam di Agen Halal Mart Pleret terimplementasi secara sistemik, dilandasi oleh prinsip Tauhid (bisnis sebagai ibadah) dan diwujudkan melalui kejujuran, keadilan, serta transparansi dalam promosi, penetapan harga, dan sistem bonus. (2) Secara struktural, strategi pemasaran dan model bisnisnya telah sesuai dengan kaidah syariah, yang dibuktikan dengan penggunaan akad wakalah bil ujrah yang jelas, sistem bonus berbasis penjualan produk riil untuk menghindari skema piramida, serta adanya pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan legitimasi melalui sertifikasi Halal-MUI, BPOM, dan APLI.

Dosen Pembimbing: Julia Noermawati Eka Satyarini, S.E., M.S.I. | NIDN0510078202
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Business Ethics, Marketing Strategy, Sharia MLM
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:06
Last Modified: 08 Aug 2025 06:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52192

Actions (login required)

View Item View Item