FELGO APRIDIAN (2025) ANALISIS AERODINAMIKA MOBIL HEMAT ENERGIKHAD ECO TEAM MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (932kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (259kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Aerodinamika adalah bagaimana udara bergerak dan interaksi dengan objek yang bergerak, seperti kendaraan. Dalam desain mobil, prinsip aerodinamika sangat penting karena dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar, dan stabilitas. Pengurangan hambatan udara adalah bagian penting dari aerodinamika. Dengan mengurangi hambatan ini, mobil dapat melaju lebih efisien, yang berarti lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aerodinamika bodi mobil hemat energi milik KHAD Eco Team dan bagaimana bentuk dan desain bodi kendaraan mempengaruhi gaya hambat dan gaya angkat. Menggunankan metode validasi pengujian Wind tunnel dengan perbandingan simulasi ansys fluent dengan bodi skala 1:14. Desain bodi mobil hemat energi KHAD Eco Team yang diuji memiliki karakteristik aerodinamis yang baik dengan nilai koefisien drag (Cd) dan koefisien lift (Cl) yang relatif rendah. Pada kecepatan 5,5 m/s, 6,9 m/s, dan 8,3 m/s, diperoleh nilai koefisien drag (Cd) masing-masing sebesar 0,18476, 0,18212, dan 0,18018. Kemudian nilai Cl pada kecepatan 5,5 m/s, 6,9 m/s, dan 8,3 m/s diperoleh 0,0084, 0,0081, dan 0,0075. Nilai-nilai tersebut menunjukkan tren penurunan Cd dan Cl seiring meningkatnya kecepatan baik pada pengujian terowongan angin dengan skala 1:14, yang mengindikasikan bahwa desain bodi kendaraan memiliki performa aerodinamis yang baik dan stabil pada berbagai kondisi kecepatan
| Dosen Pembimbing: | Teddy Nurcahyadi, ST., M.Eng., Ph.D. | NIDN0506017902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Aerodynamics, CFD, lift coefficient, drag coefficient, KHAD Eco Team, Wind tunnel |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 26 Jul 2025 02:51 |
| Last Modified: | 26 Jul 2025 02:51 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
