FELGO APRIDIAN (2025) ANALISIS AERODINAMIKA MOBIL HEMAT ENERGIKHAD ECO TEAM MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aerodinamika adalah bagaimana udara bergerak dan interaksi dengan objek yang bergerak, seperti kendaraan. Dalam desain mobil, prinsip aerodinamika sangat penting karena dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar, dan stabilitas. Pengurangan hambatan udara adalah bagian penting dari aerodinamika. Dengan mengurangi hambatan ini, mobil dapat melaju lebih efisien, yang berarti lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aerodinamika bodi mobil hemat energi milik KHAD Eco Team dan bagaimana bentuk dan desain bodi kendaraan mempengaruhi gaya hambat dan gaya angkat. Menggunankan metode validasi pengujian Wind tunnel dengan perbandingan simulasi ansys fluent dengan bodi skala 1:14. Desain bodi mobil hemat energi KHAD Eco Team yang diuji memiliki karakteristik aerodinamis yang baik dengan nilai koefisien drag (Cd) dan koefisien lift (Cl) yang relatif rendah. Pada kecepatan 5,5 m/s, 6,9 m/s, dan 8,3 m/s, diperoleh nilai koefisien drag (Cd) masing-masing sebesar 0,18476, 0,18212, dan 0,18018. Kemudian nilai Cl pada kecepatan 5,5 m/s, 6,9 m/s, dan 8,3 m/s diperoleh 0,0084, 0,0081, dan 0,0075. Nilai-nilai tersebut menunjukkan tren penurunan Cd dan Cl seiring meningkatnya kecepatan baik pada pengujian terowongan angin dengan skala 1:14, yang mengindikasikan bahwa desain bodi kendaraan memiliki performa aerodinamis yang baik dan stabil pada berbagai kondisi kecepatan

Dosen Pembimbing: Teddy Nurcahyadi, ST., M.Eng., Ph.D. | NIDN0506017902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aerodynamics, CFD, lift coefficient, drag coefficient, KHAD Eco Team, Wind tunnel
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 26 Jul 2025 02:51
Last Modified: 26 Jul 2025 02:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52204

Actions (login required)

View Item View Item