MUHAMMAD ZIKRI RAMADHAN (2025) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS SMART APPS AL-ARBIYAH LISHAFIL ASYIR UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X (G) MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (699kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (242kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X (G) MAN 3 Bantul melalui penggunaan media audio visual berbasis Smart Apps Al‘Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan guru pengajar bahasa Arab dan kepala sekolah MAN 3 Bantul, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Sementara itu, data kuantitatif dikumpulkan melalui angket kuesioner yang terdiri dari 14 butir pernyataan yang mengukur/mendeteksi secara detail motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran Smart Apps Al-Arabiyah Lishafil Asyir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berbasis Smart Apps –Al-Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir dapat memotivasi belajar siswa, Baik dari segi minat, perhatian, maupun keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Media ini dinilai mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah.
| Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | media audio visual, Smart Apps Al-‘Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir, motivasi belajar, bahasa Arab, metode campuran |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:39 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
