MUHAMMAD ZIKRI RAMADHAN (2025) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS SMART APPS AL-ARBIYAH LISHAFIL ASYIR UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X (G) MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X (G) MAN 3 Bantul melalui penggunaan media audio visual berbasis Smart Apps Al‘Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan guru pengajar bahasa Arab dan kepala sekolah MAN 3 Bantul, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Sementara itu, data kuantitatif dikumpulkan melalui angket kuesioner yang terdiri dari 14 butir pernyataan yang mengukur/mendeteksi secara detail motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran Smart Apps Al-Arabiyah Lishafil Asyir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berbasis Smart Apps –Al-Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir dapat memotivasi belajar siswa, Baik dari segi minat, perhatian, maupun keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Media ini dinilai mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah.

Dosen Pembimbing: Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, Smart Apps Al-‘Arabiyah liṣ-Ṣāfil ‘Āsyir, motivasi belajar, bahasa Arab, metode campuran
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:39
Last Modified: 04 Aug 2025 04:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52210

Actions (login required)

View Item View Item