ZAKY FADIYA RAHMAN (2025) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mufradat atau kosakata merupakan sekumpulan kata yang menjadi landasan utama dalam memahami dan menggunakan sebuah bahasa, termasuk bahasa Arab. Penguasaan mufradat memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, seperti keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan penguasaan mufradat adalah metode Make a Match. Metode Make a Match adalah salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk mencocokkan pasangan kartu berisi pertanyaan dan jawaban dalam waktu yang telah ditentukan, sehingga proses belajar menjadi lebih aktif, menarik, dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan bagaimana tanggapan responden dalam meningkatkan penguasaan kosa kata (mufradat) bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Randomized Posttest-Only Control Group Design, yang melibatkan 103 siswa sebagai sampel, terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan metode Make a Match, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal tes dan angket. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam penguasaan kosa kata antara kedua kelompok. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa metode ini mendapatkan respon positif dari siswa, yang merasa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan memudahkan dalam menghafal serta memahami kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Make a Match efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta interaktif.

Dosen Pembimbing: Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Arabic vocabulary, interactive learning, method effectiveness
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:04
Last Modified: 04 Aug 2025 05:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52213

Actions (login required)

View Item View Item