ZAKY FADIYA RAHMAN (2025) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Mufradat atau kosakata merupakan sekumpulan kata yang menjadi landasan utama dalam memahami dan menggunakan sebuah bahasa, termasuk bahasa Arab. Penguasaan mufradat memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, seperti keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan penguasaan mufradat adalah metode Make a Match. Metode Make a Match adalah salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk mencocokkan pasangan kartu berisi pertanyaan dan jawaban dalam waktu yang telah ditentukan, sehingga proses belajar menjadi lebih aktif, menarik, dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan bagaimana tanggapan responden dalam meningkatkan penguasaan kosa kata (mufradat) bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Randomized Posttest-Only Control Group Design, yang melibatkan 103 siswa sebagai sampel, terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan metode Make a Match, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal tes dan angket. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam penguasaan kosa kata antara kedua kelompok. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa metode ini mendapatkan respon positif dari siswa, yang merasa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan memudahkan dalam menghafal serta memahami kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Make a Match efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta interaktif.
| Dosen Pembimbing: | Ana Taqwa Wati, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0524108002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Arabic vocabulary, interactive learning, method effectiveness |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:04 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 05:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
