REIZA SYARAFIE AQIL MUNAWAR (2025) ANALISIS STABILITAS STRUKTUR PILAR TUNGGAL JEMBATAN BETON PRATEGANG SESUAI PERATURAN PEMBEBANAN JEMBATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus berkembang seiring kebutuhan konektivitas antar wilayah, salah satunya pembangunan jembatan. Penelitian ini menganalisis struktur jembatan dengan sistem pilar tunggal menggunakan beton prategang. Studi ini bertujuan mengevaluasi kinerja struktur jembatan pilar tunggal melalui perhitungan reaksi perletakan, kehilangan gaya prategang, gaya dalam, distribusi tegangan, lendutan, serta perilaku dinamik jembatan akibat kombinasi pembebanan. Proses pemodelan dan analisis dilakukan menggunakan software Midas Civil serta mengacu pada ketentuan yang berlaku. Struktur jembatan terdiri dari dua bentang dengan panjang setiap bentang 40,8 meter dan lebar 25,2 meter. Struktur atas jembatan terdiri dari PCI girder, pelat lantai, diafragma, dan sistem pendukung Lead Rubber Bearing. Struktur bawah terdiri dari pilar tunggal dengan fondasi bored pile sedalam 33 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa reaksi perletakan pada girder dan abutment mampu menyalurkan beban secara merata. Kehilangan gaya prategang yang terjadi berada dalam kisaran 15%–25%. Analisis gaya dalam mengindikasikan bahwa elemen struktur utama, yaitu girder, pier head, dan pilar mengalami berbagai respons internal berupa gaya aksial, gaya geser, torsi, serta momen lentur terhadap sumbusumbu lokal. Tegangan dan lendutan maksimum yang terjadi pada girder dan pier head masih berada di bawah batas tegangan ijin dan lendutan ijin. Analisis dinamik dilakukan hingga 90 mode getar dengan partisipasi massa hampir 100% pada arah X, Y, dan Z, serta frekuensi alami pertama sebesar 2,5281 Hz dan periode 0,3956 detik sebagai representasi respons awal struktur terhadap beban gempa. Berdasarkan hasil tersebut, struktur dinyatakan memenuhi kriteria stabilitas dan layak digunakan.

Dosen Pembimbing: Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Single pier bridge, prestressed concrete, internal forces, stability, dynamic behavior of structures
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:19
Last Modified: 28 Jul 2025 03:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52220

Actions (login required)

View Item View Item