REIZA SYARAFIE AQIL MUNAWAR (2025) ANALISIS STABILITAS STRUKTUR PILAR TUNGGAL JEMBATAN BETON PRATEGANG SESUAI PERATURAN PEMBEBANAN JEMBATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (855kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (248kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus berkembang seiring kebutuhan konektivitas antar wilayah, salah satunya pembangunan jembatan. Penelitian ini menganalisis struktur jembatan dengan sistem pilar tunggal menggunakan beton prategang. Studi ini bertujuan mengevaluasi kinerja struktur jembatan pilar tunggal melalui perhitungan reaksi perletakan, kehilangan gaya prategang, gaya dalam, distribusi tegangan, lendutan, serta perilaku dinamik jembatan akibat kombinasi pembebanan. Proses pemodelan dan analisis dilakukan menggunakan software Midas Civil serta mengacu pada ketentuan yang berlaku. Struktur jembatan terdiri dari dua bentang dengan panjang setiap bentang 40,8 meter dan lebar 25,2 meter. Struktur atas jembatan terdiri dari PCI girder, pelat lantai, diafragma, dan sistem pendukung Lead Rubber Bearing. Struktur bawah terdiri dari pilar tunggal dengan fondasi bored pile sedalam 33 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa reaksi perletakan pada girder dan abutment mampu menyalurkan beban secara merata. Kehilangan gaya prategang yang terjadi berada dalam kisaran 15%–25%. Analisis gaya dalam mengindikasikan bahwa elemen struktur utama, yaitu girder, pier head, dan pilar mengalami berbagai respons internal berupa gaya aksial, gaya geser, torsi, serta momen lentur terhadap sumbusumbu lokal. Tegangan dan lendutan maksimum yang terjadi pada girder dan pier head masih berada di bawah batas tegangan ijin dan lendutan ijin. Analisis dinamik dilakukan hingga 90 mode getar dengan partisipasi massa hampir 100% pada arah X, Y, dan Z, serta frekuensi alami pertama sebesar 2,5281 Hz dan periode 0,3956 detik sebagai representasi respons awal struktur terhadap beban gempa. Berdasarkan hasil tersebut, struktur dinyatakan memenuhi kriteria stabilitas dan layak digunakan.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Single pier bridge, prestressed concrete, internal forces, stability, dynamic behavior of structures |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 03:19 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
