BEATRIX DEVANTI AGSI (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN OTOMATIS MATA KULIAH DASAR PEMROGRAMAN WEB UNTUK MYKLASS BERBASIS OPENAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi alat e-learning berbasis OpenAI untuk penilaian otomatis kode HTML, CSS, dan JS pada platform MyKlass. Penggunaan AI dalam proses penilaian bertujuan mengatasi tantangan penilaian manual yang memakan waktu dan kurang konsisten. Sistem ini mengintegrasikan modul pembelajaran interaktif yang memberikan umpan balik instan kepada mahasiswa, sehingga mendukung pembelajaran mandiri yang efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group untuk mengukur efektivitas terhadap pemahaman dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam belajar pemrograman didorong oleh minat pribadi dan tujuan karier. Mahasiswa terbiasa belajar secara mandiri melalui sumber digital serta diskusi informal. Dukungan dari lingkungan sekitar dan keberhasilan menyelesaikan proyek juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan semangat belajar. Pengujian sistem menunjukkan bahwa alat ini berpotensi meningkatkan efisiensi penilaian, memberikan umpan balik yang konsisten, serta memperkuat motivasi belajar mahasiswa.

Dosen Pembimbing: Dwijoko Purbohadi, Dr., S.T., MT. and Nurwahyu Alamsyah, S.Kom., M.Kom., M.IM., Ph.D | NIDN0502026801, NIDN0527029004
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-learning, Open AI (Artificial Intelligence), automatic assessment, self-directed learning, learning motivation
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:46
Last Modified: 04 Aug 2025 08:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52225

Actions (login required)

View Item View Item