BEATRIX DEVANTI AGSI (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN OTOMATIS MATA KULIAH DASAR PEMROGRAMAN WEB UNTUK MYKLASS BERBASIS OPENAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (350kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi alat e-learning berbasis OpenAI untuk penilaian otomatis kode HTML, CSS, dan JS pada platform MyKlass. Penggunaan AI dalam proses penilaian bertujuan mengatasi tantangan penilaian manual yang memakan waktu dan kurang konsisten. Sistem ini mengintegrasikan modul pembelajaran interaktif yang memberikan umpan balik instan kepada mahasiswa, sehingga mendukung pembelajaran mandiri yang efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group untuk mengukur efektivitas terhadap pemahaman dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam belajar pemrograman didorong oleh minat pribadi dan tujuan karier. Mahasiswa terbiasa belajar secara mandiri melalui sumber digital serta diskusi informal. Dukungan dari lingkungan sekitar dan keberhasilan menyelesaikan proyek juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan semangat belajar. Pengujian sistem menunjukkan bahwa alat ini berpotensi meningkatkan efisiensi penilaian, memberikan umpan balik yang konsisten, serta memperkuat motivasi belajar mahasiswa.
| Dosen Pembimbing: | Dwijoko Purbohadi, Dr., S.T., MT. and Nurwahyu Alamsyah, S.Kom., M.Kom., M.IM., Ph.D | NIDN0502026801, NIDN0527029004 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | e-learning, Open AI (Artificial Intelligence), automatic assessment, self-directed learning, learning motivation |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:46 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 08:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
