DINDA KURNIA RAHMAHANI (2025) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING IN AN EFL CLASSROOM IN A VOCATIONAL HIGH SCHOOL: A CASE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan dan penilaian Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK Seni Pertunjukan di Yogyakarta. PjBL digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan mengaitkan tugas bahasa dengan bidang seni mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan data dari observasi kelas dan wawancara empat guru bahasa Inggris. Pembelajaran mencakup tiga tahap: pra, saat, dan pasca pengajaran. Guru berperan sebagai fasilitator, mendorong kolaborasi, menggunakan strategi simulasi, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman. Penilaian mencakup pendekatan formatif dan sumatif melalui rubrik, daftar cek, portofolio, dan presentasi proyek untuk menilai keterampilan bahasa dan kerja sama. Meskipun umpan balik deskriptif diberikan secara konsisten, refleksi dan evaluasi sejawat masih jarang diterapkan. Temuan menunjukkan bahwa PjBL mendukung pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan vokasi siswa. Namun, tugas reflektif dan dukungan metakognitif perlu ditingkatkan dalam penerapannya di masa depan.

Dosen Pembimbing: Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0519108701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, Assessment, English Foreign Language, Vocational High School, Performing Arts
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:41
Last Modified: 04 Aug 2025 04:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52232

Actions (login required)

View Item View Item