DINDA KURNIA RAHMAHANI (2025) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING IN AN EFL CLASSROOM IN A VOCATIONAL HIGH SCHOOL: A CASE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (418kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (179kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan dan penilaian Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK Seni Pertunjukan di Yogyakarta. PjBL digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan mengaitkan tugas bahasa dengan bidang seni mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan data dari observasi kelas dan wawancara empat guru bahasa Inggris. Pembelajaran mencakup tiga tahap: pra, saat, dan pasca pengajaran. Guru berperan sebagai fasilitator, mendorong kolaborasi, menggunakan strategi simulasi, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman. Penilaian mencakup pendekatan formatif dan sumatif melalui rubrik, daftar cek, portofolio, dan presentasi proyek untuk menilai keterampilan bahasa dan kerja sama. Meskipun umpan balik deskriptif diberikan secara konsisten, refleksi dan evaluasi sejawat masih jarang diterapkan. Temuan menunjukkan bahwa PjBL mendukung pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan vokasi siswa. Namun, tugas reflektif dan dukungan metakognitif perlu ditingkatkan dalam penerapannya di masa depan.
| Dosen Pembimbing: | Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0519108701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Project-Based Learning, Assessment, English Foreign Language, Vocational High School, Performing Arts |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:41 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:41 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
