OKTARINA WAHYU HANIFAH (2025) ANALISIS STRUKTUR ATAS DAN BAWAH JEMBATAN BETON PRATEGANG 40 METER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang tengah gencar membangun infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan. Jembatan merupakan struktur yang berfungsi menghubungkan jalan di atas suatu hambatan yang terletak lebih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai reaksi perletakan, kehilangan gaya prategang, gaya dalam, lendutan, dan perilaku dinamik jembatan untuk menjamin keamanan dan kinerja jangka panjang pada struktur atas dan bawah jembatan beton prategang 40 meter. Proses pemodelan dan analisis dilakukan dengan bantuan software Midas Civil serta mengacu pada ketentuan yang berlaku. Struktur jembatan terdiri dari satu bentang jembatan dengan panjang 40,8 meter dan lebar 17,8 meter, menggunakan struktur atas PCI girder dengan tumpuan LRB (Lead Rubber Bearing) dan pelat lantai beton bertulang. Struktur bawah terdiri dari dua abutment dengan sistem fondasi bored pile sedalam 22 meter dan 15 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa reaksi perletakan pada girder dan abutment mampu menyalurkan beban secara merata. Kehilangan gaya prategang berada pada kisaran 15%-25%. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh elemen struktur, termasuk girder dan abutment, mengalami gaya dalam terhadap sumbu lokal pada arah X, Y, dan Z. Tegangan maksimum yang terjadi pada girder masih berada di bawah batas tegangan ijin, lendutan yang terjadi juga memenuhi batas ijin. Selain itu, hasil analisis dinamik juga menunjukkan frekuensi alami dengan partisipasi massa arah X, Y dan Z hampir mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut, struktur dinyatakan memenuhi kriteria stabilitas dan layak digunakan.

Dosen Pembimbing: Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: placement reaction, loss of prestress force, internal force, deflection stress, dynamic analysis
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:26
Last Modified: 28 Jul 2025 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52255

Actions (login required)

View Item View Item