OKTARINA WAHYU HANIFAH (2025) ANALISIS STRUKTUR ATAS DAN BAWAH JEMBATAN BETON PRATEGANG 40 METER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (253kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Indonesia sebagai negara berkembang tengah gencar membangun infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan. Jembatan merupakan struktur yang berfungsi menghubungkan jalan di atas suatu hambatan yang terletak lebih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai reaksi perletakan, kehilangan gaya prategang, gaya dalam, lendutan, dan perilaku dinamik jembatan untuk menjamin keamanan dan kinerja jangka panjang pada struktur atas dan bawah jembatan beton prategang 40 meter. Proses pemodelan dan analisis dilakukan dengan bantuan software Midas Civil serta mengacu pada ketentuan yang berlaku. Struktur jembatan terdiri dari satu bentang jembatan dengan panjang 40,8 meter dan lebar 17,8 meter, menggunakan struktur atas PCI girder dengan tumpuan LRB (Lead Rubber Bearing) dan pelat lantai beton bertulang. Struktur bawah terdiri dari dua abutment dengan sistem fondasi bored pile sedalam 22 meter dan 15 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa reaksi perletakan pada girder dan abutment mampu menyalurkan beban secara merata. Kehilangan gaya prategang berada pada kisaran 15%-25%. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh elemen struktur, termasuk girder dan abutment, mengalami gaya dalam terhadap sumbu lokal pada arah X, Y, dan Z. Tegangan maksimum yang terjadi pada girder masih berada di bawah batas tegangan ijin, lendutan yang terjadi juga memenuhi batas ijin. Selain itu, hasil analisis dinamik juga menunjukkan frekuensi alami dengan partisipasi massa arah X, Y dan Z hampir mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut, struktur dinyatakan memenuhi kriteria stabilitas dan layak digunakan.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | placement reaction, loss of prestress force, internal force, deflection stress, dynamic analysis |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:26 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 03:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
