HILMI AZMII (2025) STRATEGI KAMPANYE ZULKIFLI HI UMAR DALAM PEMILIHAN UMUM DPR-RI PROVINSI MALUKU UTARA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilu 2024 menjadi momentum politik penting bagi para calon legislatif, termasuk Zulkifli Hi. Umar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang maju sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku Utara. Wilayah yang luas dan terdiri dari banyak pulau, serta ketatnya persaingan internal dan eksternal, menjadi tantangan utama dalam kampanye ini. Strategi kampanye yang dijalankan harus mampu menjawab kondisi geografis dan sosial yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi lapangan. Uji validitas dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zulkifli menerapkan strategi kampanye yang mengacu pada tujuh tahapan kampanye politik menurut Fatimah (2018), yaitu analisis politik, segmentasi pemilih, pembentukan tim, perumusan strategi, penguatan jejaring, pengorganisasian lapangan, dan pengawasan suara. Kampanye dilakukan melalui pertemuan terbatas, door to door, serta alat peraga seperti spanduk dan baliho. Zulkifli juga mengoptimalkan jejaring simpul di berbagai desa sebagai ujung tombak kampanye. Citra yang dibangun adalah sebagai tokoh sederhana dan dekat dengan masyarakat. Namun, keterbatasan dana, segmentasi yang belum tajam, dan kurangnya strategi digital menjadi faktor penghambat keterpilihannya. Kampanye ini menekankan komunikasi langsung, konsolidasi wilayah, dan pendekatan emosional untuk membangun dukungan.

Dosen Pembimbing: Nur Sofyan, Dr., S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Campaign Strategy, 2024 Election, Zulkifli Umar, PKS, Maluku Utara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:21
Last Modified: 04 Aug 2025 09:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52257

Actions (login required)

View Item View Item