KIRAN NATHANIA SHAFFIRA (2025) PERAN HUMAS PT. KERETA API INDONESIA DAOP 2 BANDUNG DALAM SOSIALISASI KESELAMATAN PERLINTASAN DI WILAYAH KOTA BANDUNG TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (329kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (374kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perlintasan sebidang merupakan titik pertemuan antara jalur kereta api dengan jalan raya yang memiliki potensi besar terjadinya kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), sepanjang tahun 2024 terjadi 54 kecelakaan di wilayah Daop 2 Bandung, yang mengakibatkan 34 korban jiwa dan 18 korban luka-luka. Tingginya angka kecelakaan tersebut menandakan pentingnya peran strategis komunikasi publik, khususnya yang dilakukan oleh Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 (Daop 2) Bandung dalam menyosialisasikan keselamatan di perlintasan sebidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung dalam sosialisasi keselamatan perlintasan kereta api di wilayah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung menjalankan empat peran utama dalam sosialisasi, yaitu: (1) sebagai teknisi komunikasi melalui produksi dan distribusi materi edukasi seperti flyer dan video; (2) sebagai penasihat ahli yang memberikan rekomendasi strategis kepada manajemen; (3) sebagai fasilitator komunikasi yang menghubungkan perusahaan dengan masyarakat; dan (4) sebagai fasilitator pemecahan masalah saat terjadi insiden di lapangan. Strategi yang digunakan bersifat kolaboratif, melibatkan instansi eksternal seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, komunitas, dan sekolah. Namun, ditemukan beberapa tantangan dalam pelaksanaan program sosialisasi, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan rendahnya partisipasi masyarakat. Selain itu, kegiatan sosialisasi belum dievaluasi secara sistematis dari sisi dampak terhadap perilaku masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, optimalisasi kanal digital mengadakan sosialisasi Kesehatan mental, dan menyediakan pelaporan public yang bisa diakses secara daring.
| Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. and Denis Hida Lutfiana Stefani, S.I.Kom., M.A | NIDN0604127801, NIDN |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Public Relations, Socialization, Crossing Safety, PT Kereta Api Indonesia, Level Crossing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:52 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 08:52 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
