MOKSHA NURDWIKA SHABDASI (2025) FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (264kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (551kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket sebagai data primer dan wawancara sebagai data sekunder. Angket dibagikan kepada 30 siswa yang memiliki nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar paling dominan dialami dalam keterampilan berbicara (73,3%), diikuti oleh kesulitan menyimak (40%), menulis (44,7%), dan membaca (44,7%). Faktor-faktor utama penyebab kesulitan berasal dari aspek internal, seperti rasa mengantuk, kurangnya penguasaan kosakata, rendahnya motivasi, serta kesulitan dalam memahami materi. Sementara dari faktor eksternal, suasana belajar di rumah yang tidak kondusif (90%), keterbatasan fasilitas sekolah, dan pengaruh lingkungan masyarakat menjadi penyebab yang signifikan. Metode pembelajaran yang lebih variatif dan dukungan lingkungan yang mendukung sangat diperlukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesulitan belajar Bahasa Jepang pada siswa merupakan hasil dari interaksi kompleks antara faktor linguistik, psikologis, dan lingkungan.
| Dosen Pembimbing: | Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521128603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | learning difficulties, Japanese language, high school students, internal factors, external factors |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:29 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
