MOKSHA NURDWIKA SHABDASI (2025) FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket sebagai data primer dan wawancara sebagai data sekunder. Angket dibagikan kepada 30 siswa yang memiliki nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar paling dominan dialami dalam keterampilan berbicara (73,3%), diikuti oleh kesulitan menyimak (40%), menulis (44,7%), dan membaca (44,7%). Faktor-faktor utama penyebab kesulitan berasal dari aspek internal, seperti rasa mengantuk, kurangnya penguasaan kosakata, rendahnya motivasi, serta kesulitan dalam memahami materi. Sementara dari faktor eksternal, suasana belajar di rumah yang tidak kondusif (90%), keterbatasan fasilitas sekolah, dan pengaruh lingkungan masyarakat menjadi penyebab yang signifikan. Metode pembelajaran yang lebih variatif dan dukungan lingkungan yang mendukung sangat diperlukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesulitan belajar Bahasa Jepang pada siswa merupakan hasil dari interaksi kompleks antara faktor linguistik, psikologis, dan lingkungan.

Dosen Pembimbing: Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521128603
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning difficulties, Japanese language, high school students, internal factors, external factors
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:29
Last Modified: 28 Jul 2025 04:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52279

Actions (login required)

View Item View Item