PRADIPA ABIMANYU (2025) ANALISA STRUKTUR ATAS JEMBATAN TIPE CORRUGATED STEEL PLATE (CSP) SESUAI DENGAN ATURAN PEMBEBANAN SNI 1725:2016. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (594kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (472kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Jembatan dengan struktur atas tipe Corrugated Steel Plate (CSP) merupakan alternatif konstruksi yang efisien dan cepat pemasangannya, terutama pada daerah dengan akses terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons struktur CSP terhadap pembebanan berdasarkan SNI 1725:2016, yang mencakup beban kendaraan rencana, beban pejalan kaki, dan beban lingkungan. Simulasi dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan perangkat lunak MIDAS Civil, dengan fokus pada parameter distribusi beban, gaya dalam (aksial, geser, dan momen), tegangan maksimum, serta lendutan. Material utama berupa baja SS400 dengan ketebalan 8 mm dianalisis berdasarkan kondisi batas dan kombinasi beban yang sesuai standar. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur CSP mampu menahan beban kerja tanpa melebihi tegangan izin maupun batas lendutan layan. Penambahan pengaku lateral direkomendasikan untuk meningkatkan stabilitas struktur terhadap efek dinamis. Dengan demikian, CSP dinilai layak sebagai struktur atas jembatan selama perencanaan mengikuti ketentuan teknis yang berlaku.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Ibnu Syamsi, S.T., M.Eng., Ph.D. | NIDN0523028902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Corrugated Steel Plate, CSP bridge, SNI 1725:2016, structural analysis, MIDAS Civil, deflection. |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 26 Jul 2025 02:46 |
| Last Modified: | 26 Jul 2025 02:47 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
