AHMAD FARHAN (2025) IMPLEMENTING DIFFERENTIATED INSTRUCTION FOR EFL CLASSROOMS IN ELEMENTARY SCHOOLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (140kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh guru Bahasa Inggris di sekolah dasar negeri di Bengkulu dan mengidentifikasi kendala yang mereka hadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan observasi kelas dan wawancara dengan empat guru Bahasa Inggris. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi diimplementasikan melalui tiga elemen utama: konten, proses, dan produk. Guru menyesuaikan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian sesuai dengan karakteristik belajar siswa, termasuk gaya belajar, tingkat kesiapan, dan minat. Namun, guru menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesulitan dalam menyiapkan materi ajar yang bervariasi, kurangnya pelatihan langsung tentang Kurikulum Merdeka, rendahnya tingkat kesiapan siswa, dan kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, dan dukungan dari lembaga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
| Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Differentiated instruction, English as a foreign language (EFL), Independent Curriculum, Learning technology |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:42 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
