AHMAD FARHAN (2025) IMPLEMENTING DIFFERENTIATED INSTRUCTION FOR EFL CLASSROOMS IN ELEMENTARY SCHOOLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh guru Bahasa Inggris di sekolah dasar negeri di Bengkulu dan mengidentifikasi kendala yang mereka hadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan observasi kelas dan wawancara dengan empat guru Bahasa Inggris. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi diimplementasikan melalui tiga elemen utama: konten, proses, dan produk. Guru menyesuaikan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian sesuai dengan karakteristik belajar siswa, termasuk gaya belajar, tingkat kesiapan, dan minat. Namun, guru menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesulitan dalam menyiapkan materi ajar yang bervariasi, kurangnya pelatihan langsung tentang Kurikulum Merdeka, rendahnya tingkat kesiapan siswa, dan kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, dan dukungan dari lembaga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.

Dosen Pembimbing: Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Differentiated instruction, English as a foreign language (EFL), Independent Curriculum, Learning technology
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:42
Last Modified: 04 Aug 2025 04:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52287

Actions (login required)

View Item View Item