CENDAR RONA IMANIA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN PERSONAL BRANDING MELALUI AKUN TIKTOK @MAKEUPBY_CIANE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA BULAN FEBRUARI- MARET 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan yang ketat dan perubahan yang cepat pada media sosial mengharuskan pelaku bisnis memiliki Strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk mepertahankan usaha mereka. Makeup by Ciane merupakan usaha jasa makeup perorangan yang telah menggunakan media sosial tiktok sebagai media jasa pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi konten TikTok @makeupby_ciane. Hasil temuan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa penggunaan personal branding sebagai strategi komunikasi pemasaran secara konsisten dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan mendorong peningkatan pemesanan jasa makeup. Dalam proses pembentukan personal branding terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu (1) Determine who you are (menentukan siapa diri kita sebenarnya (2) Determine what you do (menentukan apa yang kita kerjakan) (3) Position yourself (cara memposisikan diri) (4) Manage your brand (mengelola merek). Strategi ini efektif dalam membangun hubungan emosional dengan audiens dan memperkuat diferensiasi dengan competitor dan meningkatkan daya tarik pada jasa MUA yang meningkatkan jumlah pelanggan.

Dosen Pembimbing: Zuhdan Aziz, S.IP., S.Sn., M.Sn. | NIDN0528107403
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication, Personal Branding, Storytelling, TikTok, Makeup
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:22
Last Modified: 04 Aug 2025 09:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52294

Actions (login required)

View Item View Item