Nurul Kharismawati Kamaludin (2020) STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILIHAN PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI HALMAHERA BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (694kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemasaran politik menjadi sebuah pendekatan yang penting dalam kampanye politik partai politik maupun kandidat politik dalam pemilu saat ini. Pemasaran politik merupakan pendekatan dan metode yang digunakan untuk membantu partai politik dan kandidat politik agar dapat membangun hubungan dua arah dengan konstituen. PDI Perjuangan di Kabupaten Halmahera Barat meskipun perolehan suaranya mengalami pasang surut, namun tetap mampu menempati posisi teratas dari pemilu ke pemilu pasca reformasi. Oleh karena itu, menjadi menarik untuk mengkaji strategi pemasaran politik PDI Perjuangan di Kabupaten Halmahera Barat pada pemilu legislatif 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Pemasaran politik dalam penelitian ini dilihat sebagai bauran dari 4 indikator (4P), yaitu product, promotion, price, dan place. Hasil penelitian menemukan 4P yang dilakukan oleh PDI Perjuangan Halmahera Barat adalah: 1) Product: yang di dalamnya terdapat party platform, past record dan personal characteristic menjadi produk yang ditawarkan 2) Promotion: iklan dan promosi, Partai PDI-P Halmahera Barat menggunakan Gurakli selain itu Media yang digunakan adalah Malut Post, Posko Malut dan Baliho. melalui berbagai bentuk iklan dan promosi menggunakan media cetak, media elektronik, dan media sosial. 3) Price, biaya ekonomi: partai memberikan bantuan dalam bentuk materi hanya berupa uang saksi pada Calegnya selain itu terdapat bantuan dari setiap kader (gotong royong), biaya psikologis: masyarakat Halmahera Barat masih melihat latar belakang etnis Caleg, image nasioanal dilihat dari kebanggaan pemilih terhadap Caleg. 4) Place, dalam bentuk program personal marketing dan program volunteer marketing. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa DPC PDI Perjuangan Kabupaten Halmahera Barat pada pemilihan legislatif tahun 2019 menggunakan Gurakli, kemudian ikut serta dalam kegiatan sosial masyarakat, intens melakukan konsolidasi pada anak ranting. Dengan cara yang di gunakan partai PDI Perjuangan tersebut berjalan efektif sehingga PDI Perjuangan masih tetap menjadi salaah satu partai pemenang pemilu tahun 2019 di Kabupaten Halmahera Barat dengan memperoleh 8.766 suara sah.
Dosen Pembimbing: | Dr. Dian Eka Rahmawati, S.IP., M.Si | NIDN0527127401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:48 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |