DHIYA ULHAQ KHAIRUNNISA (2025) PEMBUATAN FRONT END PADA APLIKASI MOBILE SIDIA (SISTEM DATA DAN INFORMASI WARGA)UNTUK PENDATAAN WARGA DI DESA BALECATUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (862kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (514kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendataan penduduk merupakan kegiatan penting dalam mendukung pengambilan kebijakan di tingkat desa. Desa Balecatur, khususnya wilayah RT 03 Pasekan Lor, sebelumnya telah menggunakan aplikasi SiDIA berbasis desktop untuk membantu ketua RW dalam pengelolaan data warga. Namun, dalam praktiknya, penggunaan komputer saat melakukan pendataan langsung ke rumahrumah warga dirasa kurang praktis dan menyulitkan mobilitas petugas di lapangan. Permasalahan tersebut mendorong perlunya pengembangan versi mobile dari aplikasi SiDIA, agar dapat diakses melalui perangkat genggam seperti smartphone atau tablet, sehingga lebih fleksibel digunakan di lapangan tanpa bergantung pada lokasi maupun perangkat komputer. Sebagai solusi, penelitian ini merancang dan membangun tampilan antarmuka (front end) aplikasi mobile SiDIA dengan pendekatan Five Planes of UX, yaitu strategy, scope, structure, skeleton, dan surface, guna memastikan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Proses perancangan melibatkan studi literatur, studi pendahuluan, serta wawancara dengan Ketua RW selaku pengguna utama. Implementasi dilakukan dengan membuat prototype antarmuka menggunakan tools desain figma. Hasil dari desain tersebut diuji melalui metode blackbox testing untuk memastikan bahwa fitur – fitur utama berfungsi sesuai dengan skenario pengujian dan kuisoner kepuasan pengguna untuk mengevaluasi pengalaman pengguna dari sisi tampilan antarmuka (user interface), fungsionalitas, serta kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Penelitian ini hanya mengembangkan sisi front end dan belum terintegrasi dengan backend untuk penyimpanan data real-time. Oleh karena itu, pengembangan backend diperlukan agar sistem dapat berfungsi penuh secara end-to-end, memudahkan sinkronisasi data dan akses oleh RW Desa Pasekan Lor.
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Prototype, Mobile Application, Population Data Collection, Five Planes of UX |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:59 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:59 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
