FATMA SAFAAT (2025) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @PESONAWAKATOBI.ID TERHADAP MINAT FOLLOWERS MENGGUNAKAN JASA BIRO PERJALANAN PT. WISATA KEPULAUAN INDONESIA TAHUN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah cara manusia mengakses informasi dan berinteraksi, terutama melalui media sosial. Tingginya penggunaan Instagram membuka peluang besar bagi industri pariwisata dan biro perjalanan untuk menarik konsumen yang merencanakan liburan. Akun Instagram @pesonawakatobi.id menjadi salah satu penyedia jasa biro perjalanan bagi wisatawan domestik dan mancanegara dalam mengatur dan merencanakan perjalanan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh intensitas mengakses akun Instagram @pesonawakatobi.id terhadap minat followers menggunakan jasa biro perjalanan PT. Wisata Kepulauan Indonesia tahun 2023/2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kognitif Sosial dari Albert Bandura serta Teori Minat dan Perilaku Audiens sebagai landasan teoritis. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para followers akun Instagram @pesonawakatobi.id. Sampel dari penelitian ini berjumlah 380 orang yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas mengakses akun Instagram @pesonawakatobi.id terhadap minat followers menggunakan jasa biro perjalanan PT. Wisata Kepulauan Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui nilai t hitung sebesar 22,483 > t tabel (1,966), nilai signifikansi 0,000 < 0,05, serta nilai koefisien regresi sebesar 0,740 yang bernilai positif. Diketahui nilai R square sebesar 0,572 yang jika dinyatakan dalam bentuk persentase sebesar 57,2% sementara, sisanya sebesar 42,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini yaitu, electronic word of mouth (e-WOM), harga, dan Lokasi, dan aksesibilitas. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa intensitas mengakses akun instagram @pesonawakatobi.id berpengaruh terhadap minat followers menggunakan jasa biro perjalanan PT. Wisata Kepulauan Indonesia, dan besarnya pengaruh termasuk dalam kategori sedang.
| Dosen Pembimbing: | Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Intensity of Access, Interest in Using, Instagram |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:23 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 05:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
