MARAM MUSTAMAR (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL (MUHIBA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SMA Muhammadiyah Bantul (MUHIBA) menerapkan pembiasaan Sholat Dhuha setelah istirahat pertama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Namun, masih banyak siswa yang tidak melaksanakannya secara konsisten dan memerlukan pengawasan. Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) upaya meningkatkan kedisiplinan melalui Sholat Dhuha, 2) langkah-langkah penerapannya, dan 3) faktor pendukung serta penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi data. Penelitian dilakukan di SMA MUHIBA, dengan subjek kepala sekolah, dua guru PAI, dan lima siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dapat ditingkatkan melalui pembiasaan Sholat Dhuha dengan dukungan kebijakan sekolah, peran guru, dan kesadaran siswa. Langkah-langkahnya meliputi pemberian pemahaman, monitoring presensi, pembiasaan sejak MPLS, dan integrasi ibadah dalam rutinitas. Faktor pendukungnya adalah dukungan sekolah dan sarana prasarana, sementara faktor penghambatnya mencakup kurangnya niat, fluktuasi iman, manajemen waktu yang buruk, serta pengaruh lingkungan dan kebiasaan tertentu.

Dosen Pembimbing: Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning discipline, Dhuha Prayer, habituation, SMA Muhammadiyah Bantul
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:35
Last Modified: 04 Aug 2025 09:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52318

Actions (login required)

View Item View Item