MARAM MUSTAMAR (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL (MUHIBA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (255kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
SMA Muhammadiyah Bantul (MUHIBA) menerapkan pembiasaan Sholat Dhuha setelah istirahat pertama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Namun, masih banyak siswa yang tidak melaksanakannya secara konsisten dan memerlukan pengawasan. Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) upaya meningkatkan kedisiplinan melalui Sholat Dhuha, 2) langkah-langkah penerapannya, dan 3) faktor pendukung serta penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi data. Penelitian dilakukan di SMA MUHIBA, dengan subjek kepala sekolah, dua guru PAI, dan lima siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dapat ditingkatkan melalui pembiasaan Sholat Dhuha dengan dukungan kebijakan sekolah, peran guru, dan kesadaran siswa. Langkah-langkahnya meliputi pemberian pemahaman, monitoring presensi, pembiasaan sejak MPLS, dan integrasi ibadah dalam rutinitas. Faktor pendukungnya adalah dukungan sekolah dan sarana prasarana, sementara faktor penghambatnya mencakup kurangnya niat, fluktuasi iman, manajemen waktu yang buruk, serta pengaruh lingkungan dan kebiasaan tertentu.
| Dosen Pembimbing: | Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | learning discipline, Dhuha Prayer, habituation, SMA Muhammadiyah Bantul |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:35 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 09:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
