SHAFANA DAFFA LINTANG SUTJIPTO (2025) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @ATSIRIJAWA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE ATSIRI JAWA PADA FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas mengakses akun Instagram @atsirijawa terhadap minta berkunjung ke Atsiri Jawa pada followers. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang merupakan followers akun Instagram @atsirijawa, serta dokumentasi. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas mengakses akun Instagram @atsirijawa (X) terhadap minat berkunjung ke Atsiri Jawa (Y), dengan nilai koefisien regresi (beta) sebesar 0,706 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas seseorang dalam mengakses akun Instagram @atsirijawa, maka semakin tinggi pula minat mereka untuk berkunjung ke Atsiri Jawa. Penelitian ini mengaitkan temuan dengan Teori Kognitif Sosial, di mana individu membentuk perilaku melalui observasi terhadap lingkungan sosial, termasuk konten media sosial yang dikonsumsi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan Push and Pull Theory sebagai teori pendukung, yang menjelaskan bahwa minat berkunjung dipengaruhi oleh kebutuhan psikologis, kebutuhan sosial, kebutuhan emosional seperti keinginan untuk refreshing, eksplorasi, atau motivasi pribadi, mendapat pengakuan, memuaskan rasa penasaran dan daya tarik destinasi, visualisasi konten, serta citra positif destinasi yang ditampilkan di media sosial.
| Dosen Pembimbing: | Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Instagram, Access Intensity, Interest in Visiting, Social Media, Javanese Essence, Social Cognitive Theory, Push and Pull Theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:21 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 05:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
