DIEN YAFI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MANUVER SPORT APPAREL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MELALUI INSTAGRAM PADA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan olahraga sepak bola dan futsal di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan, menjadikannya olahraga dengan banyak peminat di Indonesia. Hal ini mendorong munculnya industri baru, termasuk industri pakaian olahraga. Di Yogyakarta, salah satu sport apparel yang berkembang adalah Manuver Sport Apparel. Berbarengan dengan hal itu, media sosial Instagram saat ini menjadi aplikasi sosial yang memiliki banyak penggunanya. Melihat hal tersebut, Manuver Sport Apparel berusaha memaksimalkan aplikasi Instagram untuk kegiatan pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Manuver Sport Apparel dalam upaya meningkatkan penjualan melalui Instagram pada tahun 2024. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan terdiri dari owner dan tim marketing Manuver Sport Apparel. Penelitian ini mengacu pada teori Integrated Marketing Communication dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller serta teori tentang Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manuver melalui beberapa tahapan strategis, seperti analisis SWOT, identifikasi khalayak sasaran, penetapan tujuan komunikasi, serta perencanaan anggaran komunikasi pemasaran. Manuver juga memperhatikan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) dan mengoptimalkan Instagram sebagai saluran komunikasinya. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kekurangan dalam penggunaan media sosial yang masih perlu diperbaiki agar strategi pemasaran menjadi lebih optimal.

Dosen Pembimbing: Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy Marketing Communication, Manuver Sport Apparel, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:23
Last Modified: 04 Aug 2025 09:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52326

Actions (login required)

View Item View Item