DIEN YAFI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MANUVER SPORT APPAREL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MELALUI INSTAGRAM PADA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (649kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (482kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan olahraga sepak bola dan futsal di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan, menjadikannya olahraga dengan banyak peminat di Indonesia. Hal ini mendorong munculnya industri baru, termasuk industri pakaian olahraga. Di Yogyakarta, salah satu sport apparel yang berkembang adalah Manuver Sport Apparel. Berbarengan dengan hal itu, media sosial Instagram saat ini menjadi aplikasi sosial yang memiliki banyak penggunanya. Melihat hal tersebut, Manuver Sport Apparel berusaha memaksimalkan aplikasi Instagram untuk kegiatan pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Manuver Sport Apparel dalam upaya meningkatkan penjualan melalui Instagram pada tahun 2024. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan terdiri dari owner dan tim marketing Manuver Sport Apparel. Penelitian ini mengacu pada teori Integrated Marketing Communication dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller serta teori tentang Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manuver melalui beberapa tahapan strategis, seperti analisis SWOT, identifikasi khalayak sasaran, penetapan tujuan komunikasi, serta perencanaan anggaran komunikasi pemasaran. Manuver juga memperhatikan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) dan mengoptimalkan Instagram sebagai saluran komunikasinya. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kekurangan dalam penggunaan media sosial yang masih perlu diperbaiki agar strategi pemasaran menjadi lebih optimal.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Strategy Marketing Communication, Manuver Sport Apparel, Instagram |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:23 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 09:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
