ISNAINI WULANDARI (2025) MANAJEMEN KONTEN TIKTOK AKUN @JOGJAEATERY DAN @MENUMENUJOGJA DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI KULINER DI YOGYAKARTA TAHUN 2024-2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (358kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (337kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen konten yang diterapkan oleh akun TikTok @JogjaEatery dan @menumenujogja dalam mempromosikan destinasi kuliner di Yogyakarta. Fokus penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi konten yang dilakukan oleh masingmasing akun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua akun memiliki strategi yang berbeda namun efektif dalam membangun daya tarik konten kuliner. @JogjaEatery menekankan pada pendekatan personal, konten yang eksploratif, dan fleksibilitas dalam perencanaan. Sementara @menumenujogja menerapkan pendekatan yang lebih terstruktur, mengandalkan visual yang kuat, dan konsistensi dalam jadwal unggah. Kedua akun tersebut menggunakan wawasan TikTok dan tren viral sebagai dasar pengembangan strategi konten, dan menunjukkan efektivitas TikTok sebagai media promosi kuliner, terutama dalam menjangkau audiens muda dan mendukung usaha kuliner lokal. Dengan manajemen konten yang baik, promosi kuliner melalui TikTok dapat menciptakan dampak positif dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik destinasi kuliner di Yogyakarta.
| Dosen Pembimbing: | Filosa Gita Sukmono, Dr., S.I.Kom., M.A. | NIDN0506028701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Content Management, TikTok, Culinary Promotion, Social Media |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:50 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:50 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
