ISNAINI WULANDARI (2025) MANAJEMEN KONTEN TIKTOK AKUN @JOGJAEATERY DAN @MENUMENUJOGJA DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI KULINER DI YOGYAKARTA TAHUN 2024-2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen konten yang diterapkan oleh akun TikTok @JogjaEatery dan @menumenujogja dalam mempromosikan destinasi kuliner di Yogyakarta. Fokus penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi konten yang dilakukan oleh masingmasing akun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua akun memiliki strategi yang berbeda namun efektif dalam membangun daya tarik konten kuliner. @JogjaEatery menekankan pada pendekatan personal, konten yang eksploratif, dan fleksibilitas dalam perencanaan. Sementara @menumenujogja menerapkan pendekatan yang lebih terstruktur, mengandalkan visual yang kuat, dan konsistensi dalam jadwal unggah. Kedua akun tersebut menggunakan wawasan TikTok dan tren viral sebagai dasar pengembangan strategi konten, dan menunjukkan efektivitas TikTok sebagai media promosi kuliner, terutama dalam menjangkau audiens muda dan mendukung usaha kuliner lokal. Dengan manajemen konten yang baik, promosi kuliner melalui TikTok dapat menciptakan dampak positif dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik destinasi kuliner di Yogyakarta.

Dosen Pembimbing: Filosa Gita Sukmono, Dr., S.I.Kom., M.A. | NIDN0506028701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Content Management, TikTok, Culinary Promotion, Social Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:50
Last Modified: 04 Aug 2025 04:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52327

Actions (login required)

View Item View Item