RAHMAN SOPIAN (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBANGUN PERSONAL BRANDING FOTOGRAFER @MAS_SAPTANUGRAHA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bagi sebagian individu, karya foto potret menjadi bentuk fotografi yang paling mudah dipahami dan diaplikasikan karena mampu merepresentasikan karakter serta emosi subjek, bukan sekadar visual wajah. Perbedaan pemahaman dan keterampilan teknis menunjukkan bahwa meskipun fotografi dikenal luas, kualitas karya tetap bervariasi. Variasi ini mencerminkan dinamika perkembangan fotografi di Indonesia yang dipengaruhi oleh aspek sosial dan kemajuan teknologi. Penelitian ini mengkaji secara mendalam strategi Personal Branding fotografer yang dibangun oleh Sapta Nugraha melalui media sosial Instagram @mas_saptanugraha. Penelitian ini mengupas secara mendalam strategi Personal Branding fotografer Sapta Nugraha melalui media sosial Instagram. Dengan metode deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, penelitian ini berfokus untuk menganalisis bagaimana ia membentuk citra profesional secara konsisten di ranah digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Personal Branding fotografer yang dibangun Sapta Nugraha melalui Instagram @mas_saptanugraha menunjukkan konsistensi dalam menciptakan citra diri yang autentik dan profesional. Sapta Nugraha memanfaatkan Instagram tidak hanya untuk menampilkan karya fotografi, tetapi juga untuk menyampaikan nilai Personal Branding dan keunggulan profesional. Selain menonjolkan gaya visual, Sapta juga mengintegrasikan pendekatan geotagged photography, yaitu pemanfaatan data spasial dalam foto, yang memperkuat dimensi informatif dan kontekstual dari setiap karya yang diunggah. Sembilan elemen branding menurut Rampersad pada tahun 2009 seperti keaslian, integritas, konsisten, spesialisasi, wibawa, kekhasan, relevansi, visibilitas, dan kegigihan hadir membangun Personal Branding dan kepercayaan audiens. Melalui fitur interaktif dan edukatif, Instagram menjadi media strategis dalam membentuk hubungan yang intens dengan pengikut serta memperluas jangkauan dan komunitas pendukung di era digital.

Dosen Pembimbing: Zuhdan Aziz, S.IP., S.Sn., M.Sn. | NIDN0528107403
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Personal Branding, Photographer, Geotagged photography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:49
Last Modified: 04 Aug 2025 08:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52337

Actions (login required)

View Item View Item