BERLIANA ZANETA NAJWA (2025) PEMIKIRAN ATHIYAH AL-ABRASYI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI ERA KONTEMPORER (STUDI KITAB AT-TARBIYAH AL-ISLĀMIYAH WA FALĀSAFATUHĀ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pemikiran Athiyah al-Abrasyi tentang pendidikan Islam sebagaimana tercermin dalam kitab At-Tarbiyah al-Islāmiyah Wa Falāsafatuhā, serta relevansinya terhadap pendidikan holistik dalam pembentukan karakter di era kontemporer. Dalam pemikirannya athiyah al-Abrasyi sangat menekankan akan pentingnya pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek intelektual saja, tetapi juga moral, spiritual, emosional dan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelusuran data atau kepustakaan dengan metode dokumentasi (documentary study) sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah konten analisis, yaitu fokus pada telaah pustaka yang dijadikan sebagai bahan untuk menjawab rumusan masalah yang ditetapkan. Menganalisis isi kitab serta mengaitkannya dengan kebutuhan pendidikan karakter pada masa kini yang bersifat holistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran-pemikiran Athiyah al-Abrasyi mengandung beberapa poin penting, yaitu terkait dengan tujuan pendidikan Islam, dasar-dasar pendidikan Islam, pendidikan karakter dan komponen-komponen pendidikan Islam yang meliputi kompetensi pendidik, hakikat peserta didik, metode pembelajaran dan kurikulum. Pemikiran-pemikiran yang beliau kemukakan menunjukkan adanya relevansi dengan pendidikan holistik terutama dalam pembentukan karakter di era kontemporer. Hal ini tercermin dalam gagasan beliau yang menempatkan akhlak sebagai inti dari tujuan pendidikan Islam dan menekankan pentingnya pembinaan karakter melalui proses pendidikan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia. Dengan demikian, pemikiran Athiyah al-Abrasyi dapat menjadi solusi penting untuk membangun generasi yang berkepribadian kuat dan seinbang terutama di era kontemporer saat ini.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Athiyah al-Abrasyi, Holistic Education, Character Building, Contemporary Era
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:04
Last Modified: 04 Aug 2025 05:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52345

Actions (login required)

View Item View Item