BERLIANA ZANETA NAJWA (2025) PEMIKIRAN ATHIYAH AL-ABRASYI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI ERA KONTEMPORER (STUDI KITAB AT-TARBIYAH AL-ISLĀMIYAH WA FALĀSAFATUHĀ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (520kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (273kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas pemikiran Athiyah al-Abrasyi tentang pendidikan Islam sebagaimana tercermin dalam kitab At-Tarbiyah al-Islāmiyah Wa Falāsafatuhā, serta relevansinya terhadap pendidikan holistik dalam pembentukan karakter di era kontemporer. Dalam pemikirannya athiyah al-Abrasyi sangat menekankan akan pentingnya pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek intelektual saja, tetapi juga moral, spiritual, emosional dan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelusuran data atau kepustakaan dengan metode dokumentasi (documentary study) sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah konten analisis, yaitu fokus pada telaah pustaka yang dijadikan sebagai bahan untuk menjawab rumusan masalah yang ditetapkan. Menganalisis isi kitab serta mengaitkannya dengan kebutuhan pendidikan karakter pada masa kini yang bersifat holistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran-pemikiran Athiyah al-Abrasyi mengandung beberapa poin penting, yaitu terkait dengan tujuan pendidikan Islam, dasar-dasar pendidikan Islam, pendidikan karakter dan komponen-komponen pendidikan Islam yang meliputi kompetensi pendidik, hakikat peserta didik, metode pembelajaran dan kurikulum. Pemikiran-pemikiran yang beliau kemukakan menunjukkan adanya relevansi dengan pendidikan holistik terutama dalam pembentukan karakter di era kontemporer. Hal ini tercermin dalam gagasan beliau yang menempatkan akhlak sebagai inti dari tujuan pendidikan Islam dan menekankan pentingnya pembinaan karakter melalui proses pendidikan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia. Dengan demikian, pemikiran Athiyah al-Abrasyi dapat menjadi solusi penting untuk membangun generasi yang berkepribadian kuat dan seinbang terutama di era kontemporer saat ini.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Athiyah al-Abrasyi, Holistic Education, Character Building, Contemporary Era |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:04 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 05:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
