SHAFIY PRAJNA SANTI (2025) MENINJAU PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN DARING DI SITUS WEB BERITA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Sebagai sumber informasi, situs web berita diharapkan menjadi sebuah lentera kebenaran. Namun, adanya iklan-iklan yang melanggar etika di sana justru memperkeruh kualitas, dan ditakutkan dapat memengaruhi audience secara negatif. Berangkat dari kekhawatiran tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan bentuk pelanggaran etika iklan dalam delapan situs web berita Indonesia pada paruh tahun 2025 dengan merujuk kepada Etika Pariwara Indonesia (EPI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode analisis konten kualitatif. Studi ini menemukan pelanggaran etika iklan di seluruh tahap komunikasi (ACCA), terutama pada tahap Conviction. Jenis pelanggaran bergantung pada kategori produk. Lanskap media daring memperburuk situasi karena batas antara konten jurnalistik dan iklan semakin kabur. Penggunaan teknologi iklan otomatis dan kerja sama dengan ad network membuat kurasi lemah, sehingga pelanggaran etika semakin marak. Ditemukan pula pelanggaran etika dalam iklan yang belum dibahas pada Etika Pariwara Indonesia, sehingga keterbaruan EPI ternyata sangatlah dibutuhkan. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kewaspadaan pihak media, pengiklan, dan khalayak terhadap iklan yang melanggar etika, serta menjadi pintu untuk studi lanjut maupun penegakkan etika iklan kedepannya.

Dosen Pembimbing: Senja Yustitia, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0606028301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ethics, Ethics Violation, Etika Pariwara Indonesia, Online Advertising, News Websites
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:53
Last Modified: 04 Aug 2025 04:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52352

Actions (login required)

View Item View Item