SHAFIY PRAJNA SANTI (2025) MENINJAU PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN DARING DI SITUS WEB BERITA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (890kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (210kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Sebagai sumber informasi, situs web berita diharapkan menjadi sebuah lentera kebenaran. Namun, adanya iklan-iklan yang melanggar etika di sana justru memperkeruh kualitas, dan ditakutkan dapat memengaruhi audience secara negatif. Berangkat dari kekhawatiran tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan bentuk pelanggaran etika iklan dalam delapan situs web berita Indonesia pada paruh tahun 2025 dengan merujuk kepada Etika Pariwara Indonesia (EPI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode analisis konten kualitatif. Studi ini menemukan pelanggaran etika iklan di seluruh tahap komunikasi (ACCA), terutama pada tahap Conviction. Jenis pelanggaran bergantung pada kategori produk. Lanskap media daring memperburuk situasi karena batas antara konten jurnalistik dan iklan semakin kabur. Penggunaan teknologi iklan otomatis dan kerja sama dengan ad network membuat kurasi lemah, sehingga pelanggaran etika semakin marak. Ditemukan pula pelanggaran etika dalam iklan yang belum dibahas pada Etika Pariwara Indonesia, sehingga keterbaruan EPI ternyata sangatlah dibutuhkan. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kewaspadaan pihak media, pengiklan, dan khalayak terhadap iklan yang melanggar etika, serta menjadi pintu untuk studi lanjut maupun penegakkan etika iklan kedepannya.
| Dosen Pembimbing: | Senja Yustitia, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0606028301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Ethics, Ethics Violation, Etika Pariwara Indonesia, Online Advertising, News Websites |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:53 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:53 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
