MOHAMMAD WASHLI MANASH (2025) PENGARUH ANIMATED INTERACTIVE MULTIMEDIA TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA AWAL TENTANG TRIAD KRR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Kesehatan reproduksi pada remaja merupakan isu kritis karena tingginya risiko yang mereka hadapi, seperti kehamilan dini, infeksi menular seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak multimedia interaktif animasi terhadap pengetahuan remaja awal tentang TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR). Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pendidikan video animasi dan kelompok kontrol tanpa intervensi apa pun. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test pada kedua kelompok (Asymp. Sig. = 0,000; p < 0,05), yang menunjukkan bahwa faktor-faktor di luar intervensi mungkin telah memengaruhi peningkatan kelompok kontrol. Namun, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan pengetahuan yang lebih nyata. Analisis uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan Z = -3,582 dan Asymp. Sig. = 0,000 (p < 0,05). Skor pengetahuan rata-rata pada kelompok eksperimen (Peringkat Rata-rata = 37,82) lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol (Peringkat Rata-rata = 32,38). Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif animasi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pengetahuan remaja awal tentang TRIAD KRR. Video animasi dapat menawarkan pendekatan pendidikan yang menarik dan efektif yang mendukung retensi dan pemahaman yang lebih baik tentang masalah kesehatan reproduksi di kalangan remaja awal.

Dosen Pembimbing: Sri Sumaryani, Dr., S.Kep., Ns., M.Kep., Sp. Mat | NIDN513037702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reproductive Health, Knowledge, TRIAD KRR
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:16
Last Modified: 04 Aug 2025 05:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52353

Actions (login required)

View Item View Item