NUNING KARTIKASARI (2025) KONSEP TAZKIYAH AN-NUFŪS PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KITAB TAHŻĪB AL-AKHLĀK WA TAṬHĪR AL-A’RĀQ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep tazkiyah an-nufūs perspektif Ibnu Miskawaih serta relevansi konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih dengan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desktiptif analisis, yang mana sumber datanya diperoleh dari data primer yakni kitab Tahżīb al-Akhlāk wa Taṭhīr al-A’rāq dan data sekunder bersumber dari jurnal-jurnal, artikel, serta skripsi yang berkaitan dengan topik penelitian ini, kemudian teknik analisis yang digunakan adalah dengan tiga langkah reduksi data, reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih terdapat empat yakni Hikmah (kebijaksanaan), ̀’Iffah (pengendalian diri), Syaja ̀ah (keberanian), dan ̀Adalah (adil). Kemudian antara konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih dengan pendidikan karakter di Indonesia terdapat relevansi atau terdapat keterkaitannya antar empat konsep di atas dengan delapan belas nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada seluruh sekolah-sekolah di Indonesia.

Dosen Pembimbing: Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tazkiyah an-nuf?s, character, education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:48
Last Modified: 04 Aug 2025 04:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52358

Actions (login required)

View Item View Item