NUNING KARTIKASARI (2025) KONSEP TAZKIYAH AN-NUFŪS PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KITAB TAHŻĪB AL-AKHLĀK WA TAṬHĪR AL-A’RĀQ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (496kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (256kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep tazkiyah an-nufūs perspektif Ibnu Miskawaih serta relevansi konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih dengan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desktiptif analisis, yang mana sumber datanya diperoleh dari data primer yakni kitab Tahżīb al-Akhlāk wa Taṭhīr al-A’rāq dan data sekunder bersumber dari jurnal-jurnal, artikel, serta skripsi yang berkaitan dengan topik penelitian ini, kemudian teknik analisis yang digunakan adalah dengan tiga langkah reduksi data, reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih terdapat empat yakni Hikmah (kebijaksanaan), ̀’Iffah (pengendalian diri), Syaja ̀ah (keberanian), dan ̀Adalah (adil). Kemudian antara konsep tazkiyah an-nufūs Ibnu Miskawaih dengan pendidikan karakter di Indonesia terdapat relevansi atau terdapat keterkaitannya antar empat konsep di atas dengan delapan belas nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada seluruh sekolah-sekolah di Indonesia.
| Dosen Pembimbing: | Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Tazkiyah an-nuf?s, character, education |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:48 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
