SYAKIRA NAHRANAZIZA PUTRI PRAMONO (2025) PERBEDAAN PERSEPSI UJI OSCE PROFESI NERS PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA, UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode evaluasi objektif untuk menilai kompetensi klinis mahasiswa profesi Ners. Meskipun OSCE dianggap efektif dan realistis dalam mensimulasikan situasi klinis, banyak mahasiswa menganggap pelaksanaannya menimbulkan stres dan kecemasan. Persepsi mahasiswa terhadap OSCE dapat mempengaruhi kesiapan, performa, dan hasil ujian mereka.. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan uji OSCE profesi Ners di tiga institusi pendidikan keperawatan di Yogyakarta, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJAYA), dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA). Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif cross-sectional. Sampel sebanyak 90 mahasiswa profesi Ners dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner persepsi yang terdiri dari 29 item berdasarkan empat domain OSCE. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji beda Kruskal-Wallis H. Hasil: Mahasiswa UMY memiliki persepsi positif dan negatif yang imbang yaitu 50%, UNJAYA memiliki 56.7% persepsi negatif terhadap uji OSCE, sementara 43,3% memiliki persepsi positif, sementara UNISA dominan memiliki persepsi positif terhadap uji OSCE yaitu 53.3%. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa dari ketiga institusi (p = 0,735). Kesimpulan: Persepsi mahasiswa terhadap OSCE profesi Ners di Yogyakarta cenderung terbagi hampir merata antara positif dan negatif, dengan dominasi persepsi negatif. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dan perbaikan dalam pelaksanaan OSCE agar lebih mendukung kesiapan dan kenyamanan mahasiswa.

Dosen Pembimbing: Moh. Afandi, S.Kep., NS., MAN. | NIDN0517077501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OSCE, Perception, Professional Nursing Students
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:04
Last Modified: 04 Aug 2025 09:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52367

Actions (login required)

View Item View Item