DION ALFIANTORO (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS LISTENING ANXIETY AND ACADEMIC ACHIEVEMENT IN YOGYAKARTA PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (370kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (311kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mendengarkan (listening) memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, keterampilan ini sering kali menimbulkan tantangan bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), salah satunya adalah munculnya kecemasan saat melakukan aktivitas menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan menyimak dalam bahasa asing dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diadaptasi guna memperoleh informasi terkait kecemasan menyimak mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik total sampling dengan melibatkan 48 mahasiswa angkatan 2023 dan 2024 sebagai partisipan. Kuesioner disebarkan melalui platform daring WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan menyimak mahasiswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 73,8958. Sementara itu, prestasi akademik mahasiswa secara umum berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata IPK 3,60. Analisis korelasi antara kecemasan menyimak dan prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu, hasil analisis menunjukkan adanya korelasi negatif yang sangat kuat antara kedua variabel tersebut dengan nilai r sebesar -0,918. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan menyimak dan prestasi akademik mahasiswa, dengan tingkat hubungan yang kuat.
| Dosen Pembimbing: | Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. | NIDN0514048003 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Listening anxiety, foreign language learning, academic achievement, English language education, EFL students, quantitative research, correlation study |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:32 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 03:32 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
