DION ALFIANTORO (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS LISTENING ANXIETY AND ACADEMIC ACHIEVEMENT IN YOGYAKARTA PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mendengarkan (listening) memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, keterampilan ini sering kali menimbulkan tantangan bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), salah satunya adalah munculnya kecemasan saat melakukan aktivitas menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan menyimak dalam bahasa asing dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diadaptasi guna memperoleh informasi terkait kecemasan menyimak mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik total sampling dengan melibatkan 48 mahasiswa angkatan 2023 dan 2024 sebagai partisipan. Kuesioner disebarkan melalui platform daring WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan menyimak mahasiswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 73,8958. Sementara itu, prestasi akademik mahasiswa secara umum berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata IPK 3,60. Analisis korelasi antara kecemasan menyimak dan prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu, hasil analisis menunjukkan adanya korelasi negatif yang sangat kuat antara kedua variabel tersebut dengan nilai r sebesar -0,918. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan menyimak dan prestasi akademik mahasiswa, dengan tingkat hubungan yang kuat.

Dosen Pembimbing: Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. | NIDN0514048003
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Listening anxiety, foreign language learning, academic achievement, English language education, EFL students, quantitative research, correlation study
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:32
Last Modified: 28 Jul 2025 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52377

Actions (login required)

View Item View Item