RISMALA DEWI (2025) PENGARUH ULASAN PELANGGAN DAN DUKUNGAN INFLUENCER TERHADAP NIAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA CALON PENGGUNA SUNSCREEN AZARINE DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ulasan pelanggan dan Dukungan Influencer terhadap Niat Beli dengan Citra Merek sebagai variabel mediasi, khususnya pada calon pengguna Sunscreen Azarine di Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari 175 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ulasan Pelanggan dan Dukungan Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek. Selain itu, Citra Merek juga berpengaruh positif terhadap Niat Beli. Ulasan Pelanggan dan Dukungan Influencer terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Beli, baik secara langsung maupun melalui mediasi citra merek. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pemasaran produk skincare, menunjukkan bahwa pengelolaan ulasan positif dan kolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan niat beli produk.

Dosen Pembimbing: Sutrisno Wibowo, S.E., M.M. | NIDN0501086901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Customer Reviews, Influencer Endorsement, Brand Image, Purchase Intention
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:28
Last Modified: 04 Aug 2025 06:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52390

Actions (login required)

View Item View Item