SANIA NURRAHMI (2025) PERSEPSI MENGENAI PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Gaya mengajar dosen merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Mahasiswa sering kehilangan motivasi belajar akibat gaya mengajar yang kurang sesuai. Dalam konteks pendidikan keperawatan, hal ini menjadi krusial mengingat tingginya tuntutan profesionalisme dan tanggung jawab masa depan yang harus diemban oleh mahasiswa. Tujuan: Mengeksplorasi persepsi mahasiswa keperawatan UMY mengenai pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan berjumlah 12 orang mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan UMY dari angkatan 2021-2024, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada Desember 2024 hingga Februari 2025 dan dianalisis dengan metode 7 steps from Colaizzi. Hasil Penelitian: Ditemukan lima tema, yaitu: gaya mengajar efektif diantaranya pengajaran dari role model, teknik mengajar: interaktif, teknik mengajar dari praktik contoh nyata, teknik mengajar: humoris dan teknik mengajar: kinestetik. Gaya mengajar tidak efektif diantaranya gaya mengajar terserah dosen, gaya bicara tidak efektif, teknik mengajar ceramah, teknik mengajar: monoton diam dan teknik mengajar: monoton terpaku ppt. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya faktor eksternal: kualifikasi dosen, faktor eksternal: dukungan sosial, faktor eksternal: pengaruh gaya mengajar dosen dan faktor internal. Hambatan dalam belajar diantaranya media mengajar dosen dan kondisi kelas. Strategi belajar mahasiswa keperawatan diantaranya strategi mencari sumber lain, strategi media belajar variatif dan gaya belajar: auditorik. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa keperawatan mengenai gaya mengajar dosen memang bervariasi, namun seluruh partisipan berpendapat bahwa gaya mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mereka.

Dosen Pembimbing: Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M., Ph.D. | NIDN0516118603
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teaching Styles, Learning Motivation, Nursing Students
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:06
Last Modified: 04 Aug 2025 09:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52395

Actions (login required)

View Item View Item