SANIA NURRAHMI (2025) PERSEPSI MENGENAI PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (458kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (337kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Gaya mengajar dosen merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Mahasiswa sering kehilangan motivasi belajar akibat gaya mengajar yang kurang sesuai. Dalam konteks pendidikan keperawatan, hal ini menjadi krusial mengingat tingginya tuntutan profesionalisme dan tanggung jawab masa depan yang harus diemban oleh mahasiswa. Tujuan: Mengeksplorasi persepsi mahasiswa keperawatan UMY mengenai pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan berjumlah 12 orang mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan UMY dari angkatan 2021-2024, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada Desember 2024 hingga Februari 2025 dan dianalisis dengan metode 7 steps from Colaizzi. Hasil Penelitian: Ditemukan lima tema, yaitu: gaya mengajar efektif diantaranya pengajaran dari role model, teknik mengajar: interaktif, teknik mengajar dari praktik contoh nyata, teknik mengajar: humoris dan teknik mengajar: kinestetik. Gaya mengajar tidak efektif diantaranya gaya mengajar terserah dosen, gaya bicara tidak efektif, teknik mengajar ceramah, teknik mengajar: monoton diam dan teknik mengajar: monoton terpaku ppt. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya faktor eksternal: kualifikasi dosen, faktor eksternal: dukungan sosial, faktor eksternal: pengaruh gaya mengajar dosen dan faktor internal. Hambatan dalam belajar diantaranya media mengajar dosen dan kondisi kelas. Strategi belajar mahasiswa keperawatan diantaranya strategi mencari sumber lain, strategi media belajar variatif dan gaya belajar: auditorik. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa keperawatan mengenai gaya mengajar dosen memang bervariasi, namun seluruh partisipan berpendapat bahwa gaya mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mereka.
| Dosen Pembimbing: | Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M., Ph.D. | NIDN0516118603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teaching Styles, Learning Motivation, Nursing Students |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:06 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 09:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
