ARIFATUL ULUL HIKMAH (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @AISYIYAHPUSAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (551kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (310kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Teknologi digital berimplikasi pada pengaruh perkembangan dakwah terutama dalam penggunaan media sosial saat ini. Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah menggunakan media sosial Instagram sebagai salah satu cara berdakwah yakni Dakwah Bil Qalam melalui unggahan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil data insight akun @aisyiyahpusat terkait strategi pengelolaan konten sebagai sarana berdakwah melalui media digital yang dilakukan oleh tim media PP ‘Aisyiyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori manajemen media massa yaitu 4 fungsi POAC yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi dari perolehan data-data selama periode bulan April hingga Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh tim media PP ‘Aisyiyah dapat meningkatkan daya tarik pengguna di Instagram khususnya perempuan yang dianalisis melalui jumlah pengikut dan konten yang diunggah dinilai publik edukatif dan informatif. Tim media Pimpinan Pusat 'Aisyiyah berhasil mengembangkan konten yang bersifat edukatif, informatif, dan menginspirasi dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam berkemajuan. Untuk desain visual pada pemilihan warna dan elemen yang digunakan secara konsisten, konten-konten tersebut menjadi media dakwah yang efektif dan memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat. Dengan demikian, PP ‘Aisyiyah melalui akun instagram @aisyiyahpusat dapat membentuk citra yang lebih baik sebagai organisasi perempuan.
| Dosen Pembimbing: | Siti Bahiroh, Dr. Dra., M.Si | NIDN0506096401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Strategy, Mass Media Management, ‘Aisyiyah Organization |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:25 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 09:25 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
