ARIFATUL ULUL HIKMAH (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @AISYIYAHPUSAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi digital berimplikasi pada pengaruh perkembangan dakwah terutama dalam penggunaan media sosial saat ini. Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah menggunakan media sosial Instagram sebagai salah satu cara berdakwah yakni Dakwah Bil Qalam melalui unggahan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil data insight akun @aisyiyahpusat terkait strategi pengelolaan konten sebagai sarana berdakwah melalui media digital yang dilakukan oleh tim media PP ‘Aisyiyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori manajemen media massa yaitu 4 fungsi POAC yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi dari perolehan data-data selama periode bulan April hingga Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh tim media PP ‘Aisyiyah dapat meningkatkan daya tarik pengguna di Instagram khususnya perempuan yang dianalisis melalui jumlah pengikut dan konten yang diunggah dinilai publik edukatif dan informatif. Tim media Pimpinan Pusat 'Aisyiyah berhasil mengembangkan konten yang bersifat edukatif, informatif, dan menginspirasi dengan tetap mengedepankan nilai-nilai Islam berkemajuan. Untuk desain visual pada pemilihan warna dan elemen yang digunakan secara konsisten, konten-konten tersebut menjadi media dakwah yang efektif dan memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat. Dengan demikian, PP ‘Aisyiyah melalui akun instagram @aisyiyahpusat dapat membentuk citra yang lebih baik sebagai organisasi perempuan.

Dosen Pembimbing: Siti Bahiroh, Dr. Dra., M.Si | NIDN0506096401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Mass Media Management, ‘Aisyiyah Organization
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:25
Last Modified: 04 Aug 2025 09:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52396

Actions (login required)

View Item View Item