MUHAMMAD HIKMAL ARSYAF (2025) POLA KOMUNIKASI PENGAJAR DENGAN SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QURAN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH TAHFIDZ IBNU MASUD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (304kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (219kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi yang diterapkan pengajar dalam membimbing santri menghafal Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Ibnu Mas’ud, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena rendahnya capaian hafalan santri akibat kurang efektifnya metode pembelajaran dan pola komunikasi antara pengajar dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh pengajar, khususnya muhaffizh, berperan penting dalam meningkatkan efektivitas hafalan santri. Pola komunikasi yang paling dominan adalah komunikasi persuasif, komunikatif, dan suportif, yang diwujudkan melalui pendekatan personal, pemberian motivasi, dan kedekatan emosional antara guru dan santri. Selain itu, faktor pendukung keberhasilan hafalan meliputi manajemen waktu yang baik, lingkungan belajar yang kondusif, serta adanya program evaluasi hafalan yang sistematis seperti Ujian Kenaikan Juz (UKJ). Adapun hambatan yang ditemukan mencakup kelelahan fisik santri, keterbatasan waktu, serta variasi kemampuan kognitif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang lebih efektif melalui pendekatan komunikasi yang adaptif dan empatik.
| Dosen Pembimbing: | Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Communication Patterns, Qur’an Memorizers, Muhaffizh, Students, Elementary School |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:10 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 04:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
