MUHAMMAD HIKMAL ARSYAF (2025) POLA KOMUNIKASI PENGAJAR DENGAN SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QURAN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH TAHFIDZ IBNU MASUD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi yang diterapkan pengajar dalam membimbing santri menghafal Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Ibnu Mas’ud, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena rendahnya capaian hafalan santri akibat kurang efektifnya metode pembelajaran dan pola komunikasi antara pengajar dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh pengajar, khususnya muhaffizh, berperan penting dalam meningkatkan efektivitas hafalan santri. Pola komunikasi yang paling dominan adalah komunikasi persuasif, komunikatif, dan suportif, yang diwujudkan melalui pendekatan personal, pemberian motivasi, dan kedekatan emosional antara guru dan santri. Selain itu, faktor pendukung keberhasilan hafalan meliputi manajemen waktu yang baik, lingkungan belajar yang kondusif, serta adanya program evaluasi hafalan yang sistematis seperti Ujian Kenaikan Juz (UKJ). Adapun hambatan yang ditemukan mencakup kelelahan fisik santri, keterbatasan waktu, serta variasi kemampuan kognitif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang lebih efektif melalui pendekatan komunikasi yang adaptif dan empatik.

Dosen Pembimbing: Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication Patterns, Qur’an Memorizers, Muhaffizh, Students, Elementary School
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:10
Last Modified: 04 Aug 2025 04:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52400

Actions (login required)

View Item View Item