DEWI ARUM (2025) RESILIENSI AKADEMIK SANTRI YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM STUDI KASUS : PESANTREN TAHFIDZ QUR'AN YATIM NURANI INSANI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji resiliensi akademik santri yang bersekolah di sekolah umum, dengan studi kasus di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Insani Yogyakarta. Penelitian dilakukan karena terdapat masalah resiliensi santri yang bersekolah di sekolah umum di pesantren tahfidz quran yatim Nurani insani. Resiliensi akademik didefinisikan sebagai ketangguhan individu dalam menghadapi tantangan pendidikan, terutama bagi santri yang harus menyeimbangkan pembelajaran di pesantren dan sekolah umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap 4 santri, 1 ustadzah, dan 1 pimpinan pesantren. Setelah dilakukan wawancara mendalam dan observasi, data di analisis menggunaakan Teknik analisis pada pandangan Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik santri dipengaruhi oleh faktor internal (I Am dan I Can) seperti kesadaran diri, kemampuan analisis masalah, dan keterampilan interpersonal, serta faktor eksternal (I Have) seperti dukungan dari teman sebaya, orang tua, dan pengurus pesantren. Lingkungan pesantren berperan krusial melalui dukungan finansial, program mingguan dan bulanan (khataman, metode Ummi, khitobah, tes hafalan, pengajian umum), bimbingan konseling, serta dukungan dari teman sebaya dan orang tua. Namun, ditemukan juga pengaruh negatif dari teman sebaya yang dapat menurunkan resiliensi akademik. Penelitian ini merekomendasikan pesantren untuk memperkuat program regulasi emosi, disiplin, manajemen waktu, dan kolaborasi dengan sekolah umum, serta bagi santri untuk meningkatkan kesadaran diri dan proaktif mencari dukungan.

Dosen Pembimbing: Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN1317107801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Academic Resilience, Public School, Pesantren, Santri, Islamic Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:25
Last Modified: 04 Aug 2025 03:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52407

Actions (login required)

View Item View Item