FIKRI NUR IHSAN (2025) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENYIARKAN PESAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL TIKTOK : STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @AHMADRISYAD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media sosial, khususnya TikTok, menjadi medium baru yang efektif untuk menjangkau audiens muda dengan pendekatan yang lebih interaktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh Ahmad Risyad dalam menyampaikan pesan dakwah melalui akun TikTok-nya. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan, disertai teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap konten dan interaksi yang terjadi pada akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ahmad Risyad menerapkan lima aspek komunikasi interpersonal menurut DeVito, yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan, yang membuat pesan dakwah lebih relevan dan menyentuh kehidupan audiens. Komentar pengguna TikTok membuktikan adanya respons emosional dan reflektif terhadap kontennya. Namun demikian, tantangan seperti durasi video yang terbatas dan keberagaman audiens menuntut strategi komunikasi yang adaptif dan inklusif. Strategi yang digunakan terbukti mampu menjembatani pesan agama dengan dinamika kehidupan anak muda masa kini.

Dosen Pembimbing: Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Social Media TikTok, Digital Dakwah, Youth
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:11
Last Modified: 04 Aug 2025 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52416

Actions (login required)

View Item View Item