SIKA NUR PRATIWI (2025) FENOMENA AKULTURASI BUDAYA KOREA SELATAN (KOREAN WAVE) TERHADAP GAYA BERPAKAIAN MAHASISWA UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

K-Pop merupakan salah satu bentuk dari produk yang dihasilkan dari Korean Wave. Media seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Pinterest merupakan media yang memiliki peran penting dalam penyebaran budaya secara global. Media masa dan interaksi bersama teman memperkuat penerimaan budaya Korea Selatan di lingkungan mahasiswa. Selain itu, dukungan berupa validasi sosial dari teman sebaya menjadi sebuah faktor yang penting dalam proses adopsi budaya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana fenomena akulturasi budaya Korea Selatan terhadap gaya berpakaian mahasiswa UNISA Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap mahasiswa yang aktif dalam mengikuti Korean Wave. Teori dalam penelitian ini yaitu teori difusi inovasi dengan melalui lima tahapan. Yaitu, Knowledge, persuasion, decision, implementation dan konfirmation. Hasil penelitian ini menunjukkan media massa memiliki peran penting dalam penyebaran serta pembentukan persepsi mahasiswa terhadap gelombang budaya Korea Selatan atau Korean Wave. Akulturasi budaya Korea Selatan di kalangan mahasiswa UNISA Yogyakarta terlihat jelas dalam gaya berpakaian mahasiswa, mereka mulai mengadopsi berbagai elemen fashion Korea seperti menggunakan pakaian yang Oversized, rok pendek, jaket denim, rajut dan model lainnya. Di samping itu mahasiswa yang mengadopsi gaya berpakaian ala Korea secara tidak sadar menggeser posisi nilai lokal dalam hal berpakaian.

Dosen Pembimbing: Rhafidilla Vebrynda, S.I.Kom., M.I.Kom. | NIDN0515029201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mass media, Korean Wave, UNISA Yogyakarta, diffusion of innovation, cultural acculturation
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:53
Last Modified: 04 Aug 2025 02:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52430

Actions (login required)

View Item View Item