SIKA NUR PRATIWI (2025) FENOMENA AKULTURASI BUDAYA KOREA SELATAN (KOREAN WAVE) TERHADAP GAYA BERPAKAIAN MAHASISWA UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (442kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
K-Pop merupakan salah satu bentuk dari produk yang dihasilkan dari Korean Wave. Media seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Pinterest merupakan media yang memiliki peran penting dalam penyebaran budaya secara global. Media masa dan interaksi bersama teman memperkuat penerimaan budaya Korea Selatan di lingkungan mahasiswa. Selain itu, dukungan berupa validasi sosial dari teman sebaya menjadi sebuah faktor yang penting dalam proses adopsi budaya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana fenomena akulturasi budaya Korea Selatan terhadap gaya berpakaian mahasiswa UNISA Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap mahasiswa yang aktif dalam mengikuti Korean Wave. Teori dalam penelitian ini yaitu teori difusi inovasi dengan melalui lima tahapan. Yaitu, Knowledge, persuasion, decision, implementation dan konfirmation. Hasil penelitian ini menunjukkan media massa memiliki peran penting dalam penyebaran serta pembentukan persepsi mahasiswa terhadap gelombang budaya Korea Selatan atau Korean Wave. Akulturasi budaya Korea Selatan di kalangan mahasiswa UNISA Yogyakarta terlihat jelas dalam gaya berpakaian mahasiswa, mereka mulai mengadopsi berbagai elemen fashion Korea seperti menggunakan pakaian yang Oversized, rok pendek, jaket denim, rajut dan model lainnya. Di samping itu mahasiswa yang mengadopsi gaya berpakaian ala Korea secara tidak sadar menggeser posisi nilai lokal dalam hal berpakaian.
| Dosen Pembimbing: | Rhafidilla Vebrynda, S.I.Kom., M.I.Kom. | NIDN0515029201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Mass media, Korean Wave, UNISA Yogyakarta, diffusion of innovation, cultural acculturation |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:53 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 02:53 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
